Prodi Pendidikan Agama Islam
PRINSIP KEADILAN DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR (KAJIAN AL-QUR’AN SURAT AL-MAIDAH AYAT 8)
XML
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: 1) Prinsip keadilan dalaminteraksi belajar sesuai Al-Qur’an Surat Al-Maidah ayat 8; 2) Relevansi keadilandalam interaksi belajar mengajar sesuai Al-Qur’an Surat Al-Maidah ayat 8.Pengambilan data dari buku-buku atau karya ilmiah yang berkaitan denganmasalah yang akan dibahas baik berupa tafsir, Al-qur’an, pendidikan dan keadilan.Tafsir tahlili digunakan untuk menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an denganmemaparkan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat yang ditafsirkan ituserta menerangkan makna-makna yang tercakup didalamnya sesuai dengankeahlian dan kecenderungan mufassir yang menafsirkan ayat-ayat tersebut.Al-Qur’an telah mengatur bagaimana manusia dalam menjagahubungannya dengan Allah Swt, maupun dengan sesama manusia. Di dalam AlQur’an,terdapatbanyakayat-ayatyangmembahastentangkeadilan,diantaranyafirmanAllah Swt dalam surat Al-Maidah ayat 8. Surat Al-Maidah ayat 8menjelaskan tentang sikap adil dalam Upaya menegakkan kebenaran karena AllahSwt. Dalam proses pendidikan, pendidik memiliki peran yang sangat pentinguntuk memberikan pengajaran dan pembelajaran terhadap peserta didik. Pesertadidik berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Pendidikan yang tidakmemandang dari tingkatan sosial yang di miliki oleh para peserta didik. Sebagaipemegang amanat, pendidik sangat bertanggung jawab untuk mendidik pesertadidiknya secara adil dan tuntas dan mendidik dengan sebaik-baiknya danmemperhatikan nilai-nilai humanisme. Karena nanti pada saatnya akan dimintaipertanggungjawaban atas pekerjaannya tersebut.
Kata Kunci: Prinsip, Keadilan, Pembelajaran, tafsir Al-Qur’an surat Al-Maidahayat 8.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Atina Labiibah - Personal Name
|
Student ID |
: 2020010261
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Ngarifin Shiddiq, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Saefullah, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |