PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DI MA SALAFIYAH SYAFI’IYYAH PROTO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DI MA SALAFIYAH SYAFI’IYYAH PROTO

XML

Skripsi ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui penerapan model pembelajaranThink Pair Share terhadap kemampuan menganalisis pada materi aliran-aliranilmu kalam di MA Salafiyah Syafi'iyyah Proto. 2) Mengetahui faktor pendukungdan penghambat dalam penerapan model pembelajaran Think Pair Share padamateri aliran ilmu kalam di MA Salafiyah Syafi'iyyah Proto.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitiannya bersifat lapangan. Pendekatan kualitatif ini menggunakanpendekatan kuasi kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu Guru dan Siswa MASalafiyah Syafi'iyyah Proto. Teknik pengumpulan data menggunakan metodeobservasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dalam metodepengumpulan informasi, peneliti menggunakan triangulasi data, Adapun Teknikanalisis yang digunakan adalah analisis terhadap data yang berhasil dikumpulkanoleh penelitian melalui perangkat metodologi. Dimana data diperolehmenggunakan proses analisis data sebagai berikut: 1). Reduksi data, 2). Penyajiandata dan, 3). Kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Sharepada materi aliran ilmu kalam di MA Salafiyah Syafi'iyyah Proto berjalan denganbaik, guru akidah akhlak di MA Salafiyah Syafi’iyyah Proto menggunakan modelpembelajaran Think Pair Share pada materi aliran-aliran ilmu kalam yang cukuprumit, namun dengan menggunakan model pembelajaran itu, siswa menjadi lebihaktif dan komunikatif selama pembelajaran. Dalam pembelajaran ini, kemampuanmenganalisis siswa menjadi meningkat karena siswa dituntut untuk berpikir,berpasangan dan membagi apa yang sudah menjadi tugasnya. Faktor pendukungmodel pembelajaran Think Pair Share meliputi motivasi belajar siswa, dukunganpenuh oleh guru dan keluwesan guru dalam mengontrol pembelajaran. Sementarafaktor penghambat model pembelajaran Think Pair Share meliputi kurangnyakepercayaan diri pada siswa, keterbatasan waktu pembelajaran dan keterbatasansarana dan prasarana.
Kata Kunci: Think Pair Share, Model Pembelajaran


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ida Imarotul Khusna - Personal Name
Student ID
2020010244
Dosen Pembimbing
Siti Lailiyah, M Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Hidayatu Munawaroh, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail