Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTSI METODE LAGU UNTUK MEMAHAMI MATERI KITAB ‘AQIDATUL ‘AWAM PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL- ASY’ARIYYAH PUSAT KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO
XML
Skripsi ini bertujuam untuk 1) Mengetahuai bagaimana proses pembelajarandengan metode lagu pada kitab „Aqidatul „Awām di Pondok Pesantren AlAsy‟ariyyahpusat Kalibeber Mojotengah Wonosobo 2) Mengetahuai sistemevaluasi metode lagu pada pembelajran metode lagu kitab „Aqidatul „Awām 3)Mengetahuai faktor pendukung dan faktor penghambat metode lagu padapembelajaran kitab „Aqidatul „Awām.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenispenelitiannya bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalampenelitian ini yaitu menggunakan Teknik observasi, wawancara dan jugadokumentasi. Kemudian sumber data diperoleh dari sumber data primer dansekunder (wawncara langsung dengan subjek penelitian, serta dokumentasi berupafoto, data-data, dan lain sebagainya). Adapun Teknik analisi yang digunakanadalah yakni melakukan penelitian terhadap penerapan metode lagu dalampemebelajaran kitab „Aqidatul „Awām di pondok pesantren Al-Asy‟ariyyah pusatkalibeber Mojotengah Wonosobo.peneliti membuat catatan lapangan dan catatanwawancara lengkap juga mendeskripsikan hasil wawancara.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan pealaksanaanpembelajaran kitab „Aqidatul „Awām di madrasah pondok pesantren AlAsy‟ariyyahpuasat Kalibeber Mojotengah Wonosobo yaitu pembelajaran yangdilaksanakan saru minggu sekali pada hari senin, sebelum pembelajaran dimulaisemua santri melakukan doa Bersama kemudian dilanjut membaca asmaul husna,kemudian al-fatihah kemudiana pembelajran dimulai. Pelaksanaan pembelajaranmenggunakan nadhom yang berlagu atau bersyair agar santri mudah dalammenghafal. 2) Evaluasi yang dilakukan untuk menilai sejauh mana tujuanpembelajaran tercapai. Hal ini mencakup pemahaman santri terhadap materi yangdiajarkan menggunakan metode lagu, serta kemampuan mereka dalam menghafaldan menerapkan isi kitab „Aqidatul „Awām. 3) faktor pendukung meningaktkanketerlibatan dan kesangan dalam penggunaan metode lagu. Mereka mengikutiproses menyanyikn Bersama-sama dan menghafalkan, yang membuatpembelajaran tidak membosankan dan meningkatkan semangat belajar. Faktorpenghambat metode lagu pada pembelajaran kitab „Aqidatul „Awām kebisingandan ganguan pada kelas yang menggunakan metode lagu dapat menganggukonsentrasi santri di kelas lainya.Kata Kunci: Implementasi Meode Lagu Pembelajaran Kitab „Aqidatul „Awāmsantri
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Riski Khasanah - Personal Name
|
Student ID |
Riski Khasanah NIM: 2020010227
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |