Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN KURIKULUM PESANTREN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ALFA ALI MASYKUR WONOSOBO
XML
Kurikulum adalah salah satu pokok penting dalam dunia pendidikan.Kurikulum sendiri merupakan kumpulan rencana, tujuan, materi pembelajaran,dan bahkan cara mengajar yang digunakan sebagai pedoman oleh para pengajardemi tercapainya tujuan akhir pembelajaran . Sehingga dalam upaya tercapainyasuatu tujuan pembelajaran yang baik dan efektif perlu adanya kurikulum yangcocok dan mencakup kebutuhan di suatu lembaga pendidikan tersebut. Adapuntujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui konsep kurikulum pesantrenterhadap pemahaman siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP Alfa Ali MasykurWonosobo. 2) Untuk mengetahui penerapan kurikulum pesantren terhadappemahaman siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP Alfa Ali MasykurWonosobo. 3) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan kurikulum pesantrenterhadap pemahaman siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP Alfa Ali MasykurWonosobo.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknikpengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi.Setelah data terkumpul dan dianalisis menggunakan pengumpulan data, reduksidata, penyajian dan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapankurikulum pesantren ini siswa tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi jugamemiliki akhlak mulia dan pemahaman agama yang kuat. Kurikulum pesantrenmengintegrasikan kurikulum nasional dengan kurikulum kepesantrenan, sepertikajian Al-Qur'an, Hadits, Fiqh, Akhlak, dan ilmu-ilmu keislaman lainnya.Evaluasi dan penilaian dilakukan secara berkala melalui ujian tertulis, praktikibadah, hafalan, dan penilaian sikap. Peran guru/ustadz dan kyai sangat pentingdalam penerapan kurikulum pesantren. Konsep kurikulum pesantren di SMP AlfaAli Masykur Wonosobo mencakup integrasi keilmuan, penekanan pada hafalandan pemahaman, metode pembelajaran variatif, lingkungan pesantren yangkondusif, pembinaan akhlak dan karakter, dan penguatan pembelajaran praktik.Tantangan yang dihadapi sekolah adalah mengikuti perkembangan zaman yangdiselaraskan dengan kemajuan kompetensi guru, sedangkan hambatan yangdialami adalah kurangnya tenaga pendidik yang menjadi faktor utamakeberhasilan suatu lembaga pendidikan.Kata Kunci : Kurikulum Pesantren, Pendidikan Agama Islam, PemahamanSiswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Chika Zesia Garfido Al Farisi - Personal Name
|
Student ID |
2020010217
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Abdul Majid, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |