Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK MA’ARIF NU 01 BULAKAMBA BREBES
XML
Dalam penelitian ini bertujuan untuk:[1] mengetahui proses implementasistrategi model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untukmenumbuhkan motivasi belajar PAI siswa SMK Ma‟arif NU 01 Bulakamba. [2]mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaranNumbered Head Together (NHT) untuk menumbuhkan motivasi belajar PAIsiswa SMK Ma‟arif NU 01 Bulakamba. [3] mengetahui motivasi belajar PAIsiswa SMK Ma‟arif Nu 01 Bulakamba.Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu analisisdan bersifat induktif/kualitatif dan hasil penelitian dan hasil penelitian kualitatiflebih menekankan makna dari generalisasi. Dengan judul implementasi strategimodel pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk menumbuhkanmotivasi belajar PAI siswa SMK Ma‟arif NU 01 Bulakamba melalui kegiatanpenelitian berupa serangkaian proses pengumpulan data dengan observasi,wawancara dan dokumentasi, bertujuan untuk mendapatkan informasi tentangimplementasi strategi model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)untuk menumbuhkan motivasi belajar PAI siswa SMK Ma‟arif NU 01Bulakamba. Sehingga mendapatkan data yang valid, data yang dapat ditarikdengan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi strategi modelpembelajaran Numbered Head Together (NHT) membuat siswa semakinsemangat dan giat dalam belajar, siswa lebih aktif dalam berdiskusi, siswa lebihberani mengutarakan pendapatnya di depan teman temannya,dan siswa lebihberperan aktif selama pembelajaran berlangsung, yang berarti motivasi siswatumbuh lebih baik Ketika guru menerapkan metode Numbered Head Togethermeskipun pengaruh lingkungan menjadi faktor utama kurangnya motivasi belajarsiswa,tetapi guru dapat bergaul dengan baik dan memberikan nasihat dansemangat, sehingga siswa dapat belajar dengan baik.
Kata kunci: Implementasi, Numbered Head Together, Motivasi belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Kamala Safari Laela - Personal Name
|
Student ID |
2020010212
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |