Prodi Pendidikan Agama Islam
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TEKNOLOGI DALAM ERA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS XI DI SMK ANDALUSIA 1 WONOSOBO
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Pendidikan AgamaIslam berbasis teknologi dalam era digital. Untuk mengetahui hasil belajar siswakelas XI SMK Andalusia 1 Wonosobo. Untuk mengetahui manakah pembelajaranPendidikan Agama Islam berbasis teknologi dalam era digital untukmeningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Andalusia 1 Wonosobo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian Kuantitatif. Metodepenelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifiknyaadalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hinggapembuatan desain penelitiannya. Penelitian yang banyak menuntut angka, mulaidari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilanhasilnya. Lokasi penelitian di SMK Andalusia 1 Wonosobo dengan subyekpenelitian siswa-siswi kelas XI. Tahap kesimpulan penelitian akan lebih baikdisertai dengan gambar, tabel, grafik atau tampilan lainnya.Hasil dari penelitian ini ialah Pertama, bahwasannya PAI berbasis teknologidi era digital pada kelas eksperimen (AKL1) dengan metode membagikan soalpilihan ganda kepada siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,5 dengan nilaitertinggi 90 dan nilai terendah 71, sedangkan kelas kontrol dengan menggunakanmetode konvensional memiliki nilai rata-rata sebesar 78,8 dengan nilai tertinggi87 dan nilai terendah 71. Dapat dilihat dari rata-rata pretest dan post-test untukhasil pembelajaran PAI berbasis teknologi di era digital pada dua kelas di atas,maka dapat diketahui bahwa mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajarpada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan yang terjadi dengan kelaskontrol. Kedua, Hasil Belajar siswa kelas XI baik eksperimen yang dilakukanmenunjukkan bahwa hasil belajar siswa-siswi SMK N 1 Andalusia denganjumlah rata-rata 84,5 yang mana nilai tersebut bisa dikategorikan baik. KetigaPembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis teknologi dalam era digital untukmeningkatkan hasil belajar siswa-siswi kelas XI SMK Andalusia 1 Wonosoboyaitu dalam hasil pengujian hipotesis, hasil post-test kelas eksperimen dan kelaskontrol diperoleh thitung sebesar 5,070 dan nilai signifikansi sebesar 0,426. Nilaisignifikansi lebih kecil dari 0,05, maka dapat dikatakan ada pengaruh yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Teknologi, Era Digital, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nova Qhorisiatul Zhakira - Personal Name
|
Student ID |
2020010187
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |