Prodi Pendidikan Agama Islam
KONSEP NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAQ DALAM KITAB IDHOTUN NASYI’IN KARYA SYEKH MUSTHOFA AL-GHALAYAIN RELEVANSINYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
XML
Skrispsi ini bertujuan untuk: mengetahui isi kandungan kitab IdhotunNasyi’in karya Syekh Musthofa Al-Ghalayain, konsep nilai-nilai pendikan akhlaqyang terkandung dalam kitab Idhotun Nasy’in dan untuk mengetahui relevansikonsep nilai-nilai pedidikan akhlaq dalam kitab Idhotun Nasyi’in dalam kehidupansehari-hari.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispeneltiannya bersifat library research. Teknik pengumpulan data menggunakanmetode studi Dokumenter. Kemudian, sumber data yang diperoleh dari sumber dataprimer dan sumber data sekunder (buku-buku referensi yang berkaitan denganpenelitian. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Metode inidigunakan untuk mengetahui mendeskripsikan secara obyektif tentang suatu teks.Jenis analisis ini akan digunakan dalam upaya subtansi kriteria nilai-nilaipendidikan akhlaq dalam kitab Idhotun Nasyi’in karya Syekh Musthofa AlGhalayain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, isi kandungan kitab Idhotun Nasyi’interdapat 44 bab. Konsep Nilai-nilai pendidikan akhlaq yang terkandung dalam kitabIdhotun Nasiy’in yaitu sabar, ikhlas, tolong-menolong, kesderhanaan,kedermawanan. Relevansi konsep nilai-nilai pedidikan akhlaq dalam kitab IdhotunNasyi’in dalam kehidupan sehari-hari yaitu, pertama akhlaq kepada Allah, akhlaqterhadap diri sendiri, dan akhlaq terhadap diri sendiri.
Kata kunci: pendidikan Akhlaq, Idhotun Nasikhin, Syekh Mustofa AlGhalayain
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Qulniyah - Personal Name
|
Student ID |
2020010183
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |