Intan Nur Aini
Pengarang
Nur Faridah.M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Dr. Robingun Suyud El Syam, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I
Penguji 1
Ali Muktafi,M.pd.
Penguji 2
Etika sosial merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang adatkebiasaan seseorang yang mengatur nilai baik buruknya perilaku manusia kepadadiri seseorang maupun kepada masyarakat. Tujuan penanaman nilai-nilaipendidikan etika sosial kepada santri putri sebagai bekal mereka untuk hidup dilingkungan masyarakat. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1)Bagaimana bentuk-bentuk internalisasi nilai-nilai pendidikan etika sosial diAsrama Sains SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo? 2) Bagaimanainternalisasi nilai-nilai pendidikan etika sosial di Asrama Sains SMP TakhassusAl-Qur’an Kalibeber Wonosobo? 3) Bagaimana faktor pendukung danpenghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan etika sosial di Asrama Sains SMPTakhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenispenelitian lapangan. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknikpengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan melalui langkah-langkah sebagai berikut: 1)pengumpulan data 2) Reduksi data 3) penyajian data 4) penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Etika sosial santri putri diAsrama Sains SMP Takhassus Al-Qur’an dapat dikategorikan baik 2) Prosesinternalisasi nilai-nilai pendidikan etika sosial di Asrama Sains SMP TakhassusAl-Qur’an dilakukan dengan dua cara yaitu dengan pemberian materi-materiakhlak dan metode-metode pembentukan akhlak santri 3) hambatan-hambatandalam penanaman nilai-nilai etika sosial masih bisa diatasi dan berjalan sesuaiharapan.
Kata Kunci: Internalisasi, Santri Putri, Etika Sosial