Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI METODE IMLA’ MANQUL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF ARAB DI TPQ TANWIRUT-THULLAB PANIKEL KAMPUNG LAUT CILACAP
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasimetode imla’ manqul dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf arab diTPQ Tanwirut-thullab Panikel Kampung Laut Cilacap; 2) Untuk mengetahui apasaja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode imla’ manqul dalammeningkatkan kemampuan menulis huruf arab di TPQ Tanwirut-thullab PanikelKampung Laut Cilacap.Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulandata dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dataterkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data yaitu pengumpulandata, reduksi data, penyajian dan kesimpulan.Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) Implementasi metode imlamanqul dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf arab di TPQ TanwirutthullabPanikel Kampung Laut Cilacap dilaksanakan dengan perencanaanpembelajaran metode imla manqul, pelaksaan menggunakan metode imla manqul,dan evalusi pembelajaran menggunakan metode manqul. Metode imla manqul dankemampuan membaca huruf arab di TPQ Tanwirut-thullab pada peserta didik diTPQ Tanwirut-thullab bisa dikatakan cukup baik dan telah berjalan dengan baik,terbukti dengan semangat siswa yang tinggi dalam mengikuti kegiatanpembelajaran di TPQ Tanwirut-thullab. Hal ini menunjukan bahwa siswamemiliki kesadaran dan keinginan dalam meningkatkan kemampuan membacahuruf arab dengan baik dan benar. 2) Faktor pendukung dan penghambat padaimplementasi metode imla manqul dalam meningkatkan kemampuan menulishuruf arab di TPQ Tanwirut-thullab Panikel Kampung Laut Cilacap. Faktorpendukung dari implementasi metode imla manqul dalam meningkatkankemampuan menulis huruf arab yaitu: a) Guru-guru di TPQ Tanwirut-thullabmemiliki keahlian yang mumpuni, terutama dalam bidang ilmu agama, b)Antusiasme peseta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di TPQTanwirut-thullab, c) Memiliki lingkungan belajar yang tenang dan kondusifmembantu mereka fokus saat mengaji. Sedangkan untuk faktor penghambatimplementasi metode imla manqul di TPQ Tanwirut-thullab Panikel KampungLaut Cilacap yaitu: a) Kemampuan belajar setiap siswa berbeda-beda. Hal initerlihat dari kecepatan mereka menyelesaikan targetnya, b) Keterlambatan gurumerupakan masalah yang perlu segera diatasi di TPQ Tanwirut-thullab Panikel, c)Sarana prasarana di TPQ Tanwirut-thullab, di mana keterbatasan sarana danprasarana menjadi salah satu faktor penghambat efektivitas pembelajaran.
Kata kunci : Imla’ Manqul, Kemampuan Menulis, Huruf Arab
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
‘Indana Zulfa - Personal Name
|
Student ID |
2020010168
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Robingun Suyud El Syam, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |