Aina Sifa Mustika Putri
Pengarang
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I
Dosen Pembimbing 1
Vava Imam Agus Faisal, M.Pd.
Dosen Pembimbing 2
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I.
Penguji 1
Chairanti Astina M.Pd
Penguji 2
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kondisi kecerdasan spiritual siswa di SMA N 1 Wonosobo 2) Mengetahui penerapan kegiatan keagamaan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual di SMA N 1 Wonosobo 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat peningkatan kecerdasan spiritual siswa melalui kegiatan keagamaan di SMA N 1 Wonosobo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif untuk mengumpulkan informasi, mendeskripsikan dan menginterpretasikan data. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru-guru pembimbing kegiatan keagamaan, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi aktif siswa dalam kegiatan keagamaan berkontribusi positif terhadap peningkatan dimensi-dimensi kecerdasan spiritual, termasuk kesadaran diri, kesadaran akan nilai-nilai spiritual, serta kemampuan berempati dan bermakna dalam menjalani kehidupan seharihari. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi kegiatan keagamaan dalam lingkungan sekolah dapat menjadi strategi efektif dalam membina kecerdasan spiritual siswa, yang pada gilirannya berperan dalam pengembangan karakter dan kesejahteraan emosional mereka.
Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Kegiatan Keagamaan