Prodi Pendidikan Agama Islam
NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENGEMBANGAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SMP NEGERI 1 GARUNG WONOSOBO
XML
(UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo 2024. Pendidikan multikultural biasa diartikan sebagai pendidikan keragaman budaya dalam masyarakat. Terkadang juga diartikan sebagai pendidikan yang menawarkan ragam model untuk keragaman budaya dalam masyarkat. Atau juga diartikan sebagai pendidikan untuk membina sikap siswa agar menghargai keragaman budaya masyarakat. Sementara itu, proses Pendidikan di SMP Negeri 1 Garung tak lepas dari peran guru sebagaifigur utama dalam memberi teladan bagi peserta didik. Proses pembentukankarakter manusia yang didominasi dengan jalan pendidikan juga tak akanpernah lepas dari peran seorang guru dalam menahkodai jalannya pembelajaran PAI Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran di SMP Negeri 1 Garung Wonosobo. (2) Untuk mengetahui kontribusi terhadap pengembangan sikap toleransi siswa terhadap perbedaan cara agama dan budaya di SMP Negeri 1 Garung Wonosobo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan metode observasi, wawancara, analisis isi, dan metode pengumpulan data. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Garung Wonosobo. Setelah data terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa (1) Implementasi Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Pengembangan Sikap Toleransi Siswa di SMP Negeri 1 Garung yang terlaksana dengan baik sikap siswa untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan antar budaya, agama, dan latar belakang lainnya. Nilai ini juga mengajarkan pentingnya kerjasama, saling pengertian, dan saling menghormati antar individu dari berbagai macam kelompok sosial. (2) Kontribusi Terhadap Pengembangan Sikap Toleransi Siswa Terhadap Perbedaan Cara Agama Dan Budaya, kondisi keberagaman yang dimiliki di SMP Negeri 1 Garung memiliki dampak positif dan negatif. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh bangsa multikultur adalah rentang terjadinya konflik horizontal. Oleh karena itu, seluruh lapisan masyarakat harus menjunjung tinggi sikap toleransi sebagai upaya preventif. Pentingnya sikap toleransi yang dimiliki oleh SMP Negeri 1 Garung ini dirasa perlu dikembangkan sejak dini melalui jalur Pendidikan. Kata Kunci: Nilai Pendidikan, Multikultural, Sikap Toleransi Siswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Istighosah - Personal Name
|
Student ID |
2020010145
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Moh. Sakir, M. Ag - - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Najib Al Adip, S.S,.M.Pd - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |