Prodi Pendidikan Agama Islam
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH IBADAH HAJI DAN UMRAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WONOSOBO
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui konsep penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih ibadah haji dan umrah siswa kelas VIII SMP N 1 Wonosobo; 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih ibadah haji dan umrah siswa kelas VIII SMPN 1 Wonosobo; 3) untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pelaksanaan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih ibadah haji dan umrah siswa kelas VIII SMPN 1 Wonosobo. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dimana jenis penelitiannya bersifat Field Resecarh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, instrumen penelitian diperoleh dengan human instrumen, pedoman wawancara dan pedoman observasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, data display (penyajian data) dan conclussion/veriviation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih ibadah haji dan umrah sudah diterapkan oleh guru kelas VIII SMP Negeri 1 Wonosobo. Dalam pelaksanaannya melalui kegiatan praktik secara langsung. 2) Terdapat Faktor pendukung dalam pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran fikih materi ibadah haji dan umrah di kelas VIII SMPN 1 Wonosobo yaitu keaktifan peserta didik yang membuat guru semangat dalam mengajar, serta ruang kelas yang cukup luas. Faktor penghambat dalam pelaksanaan metode demonstrasi seperti fasilitas media pembelajaran yang masih minim, alokasi waktu yang hanya dua jam pada setiap kali pertemuan serta jadwal satu kali pembelajaran dalam satu minggu. 3) Hasil belajar fiqih materi ibadah haji dan umrah dengan menggunakan metode demonstrasi pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonosobo mengalami perubahan yang baik. Dengan menggunakan metode demonstrasi peserta didik lebih cepat memahami materi selain itu peserta didik lebih responsif serta antusias ketika proses pembelajaran. sehingga penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih materi ibadah haji dan umrah dapat dikatakan efektif.
Kata Kunci: Efektivitas, Metode Demonstrasi, Pelajaran Fiqih
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Kamila Azzahra - Personal Name
|
Student ID |
2020010133
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |