IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KERTEK WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KERTEK WONOSOBO

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui konsep proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pengembangan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kertek Wonosobo; 2) Mengetahui implementasi proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pengembangan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kertek Wonosobo; 3) Mengetahui faktor- faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan implementasi proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pengembangan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kertek Wonosobo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif untuk mengumpulkan informasi secara mendalam dari narasumber yang relevan seperti guru, kepala sekolah, dan peserta didik melalui kegiatan wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang digunakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kertek Wonosobo sesuai dengan desain yang diharapkan oleh Kemendikbudristek, dimana tujuannya adalah untuk memotivasi peserta didik untuk berkontribusi lebih terhadap lingkungan sekitarnya. Konsep yang disusun mencakup beberapa tahap, termasuk pembentukan koordinator dan tim fasilitator, pemilihan dimensi karakter yang akan dikembangkan, pemilihan tema dan topik kegiatan, pengalokasian waktu, serta pembuatan modul. 2) Implementasi proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pengembangan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kertek Wonosobo telah berhasil dilakukan melalui tiga tahapan, yakni tahap inspirasi, tahap cipta, dan tahap dedikasi. Melalui proses implementasi proyek, pengembangan karakter tertanam sesuai dengan dimensi profil pelajar Pancasila. 3) Faktor pendukung proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pengembangan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kertek Wonosobo diantaranya pemilihan tema yang sesuai dengan lingkungan sekolah, ketersediaanya sarana dan prasarana, dan adanya kolaborasi peserta didik, guru, dan masyarakat. Faktor penghambatnya yaitu adanya keterbatasan anggaran, kurangnya kesiapan peserta didik, dan teknis pembagian piket guru fasilitator yang kurang efektif.
Kata Kunci: Implementasi, Pengembangan Karakter, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Elsa Lestari - Personal Name
Student ID
2020010100
Dosen Pembimbing
KH. Ahmad Zudhi, M.Ag. - - Dosen Pembimbing 1
Hidayatu Munawaroh, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail