Zunita Dian Handayani
Pengarang
Dr. Moh. Sakir, M. Ag
Dosen Pembimbing 1
Muhammad Najib Al Adip, S.S,.M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Dr. Nurul Mubin, M.S.I
Penguji 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I.
Penguji 2
Qur‟an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo 2024 Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui konsep implementasi Metode Diskusi dalam mengembangkan Kemampuan Kognitif dan Afektif dalam pembelajaran Akidah Siswa MI Muhammadiyah Tlogodalem Kertek Wonosobo; 2) Mengetahui penerapan konsep konsep implementasi Metode Diskusi dalam mengembangkan Kemampuan Kognitif dan Afektif dalam pembelajaran Akidah Siswa MI Muhammadiyah Tlogodalem Kertek Wonosobo; 3) Mengetahui pelaksanaan penerapan implementasi Metode Diskusi dalam mengembangkan Kemampuan Kognitif dan Afektif dalam pembelajaran Akidah Siswa MI Muhammadiyah Tlogodalem Kertek Wonosobo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitas dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan reflektif untuk mengumpulkan informasi secara mendalam dari narasumber yang relevan seperti kepala madrasah, guru, dan peserta didik melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis data yaitu, koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem diskusi terbukti efektif dalam mengembangkan kapasitas kognitif dan afektif santri. Kapasitas kognitif santri meningkat secara signifikan setelah mengikuti pembelajaran dengan sistem diskusi. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan soal-soal belajar siswa pada tes kemampuan kognitif. Kapasitas afektif santri juga meningkat setelah mengikuti pembelajaran dengan sistem diskusi. Hal ini dibuktikan dengan perubahan sikap dan gestur santri yang lebih positif, seperti lebih aktif dalam literasi, lebih menghargai pendapat orang lain, dan lebih toleran terhadap perbedaan.
Kata Kunci: Sistem Pembahasan, Kemampuan Kognitif, Kemampuan Afektif, Pembelajaran Aqidah dan Akhlak, Madrasah Ibtidaiyah