Prodi Pendidikan Agama Islam
PENGARUH PEMBELAJARAN KHITOBAH KEAGAMAAN TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SANTRI PONDOK PESANTREN MATHOLIB AS-SULUK CIREBON
XML
Skrispsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui pelaksaan pembelajaran khitobah di Pondok Pesantren Matholib As-Suluk; 2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran khitobah terhadap rasa percaya diri santri di Pondok Pesantren Matholib As-Suluk. Salah satu upaya untuk meningkatkan rasa percaya diri santri yaitu dengan adanya pembelajaran khitobah, dalam hal ini dapat meningkatkan beberapa aspek seperti pengembangan diri, keterampilan komunikasi dan mengelola ketenangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penggunaan kuisioner yang disebarkan kepada santri yang terlibat dalam pembelajaran Khitobah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji koefisien regresi linier sederhana untuk mengevaluasi sejauh mana pembelajaran Khitobah berpengaruh terhadap peningkatan rasa percaya diri santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Khitobah secara signifikan berpengaruh dalam meningkatkan rasa percaya diri santri di Pondok Pesantren Matholib As-Suluk. Analisis regresi linier sederhana menunjukkan adanya hubungan signifikan antara varaivel bebas dan variabel terikat, dengan Hasil pengujian menyatakan bahwa nilai F hitung adalah 234,499 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000<0,05. Hasil ini mendukung hipotesis bahwa pembelajaran Khitobah berperan penting dalam memperkuat rasa percaya diri santri di lingkungan pendidikan pesantren. Kemudian diperkuat dengan adanya hasil uji koefisien yang diperoleh 39,9%.
Kata Kunci: Khitobah, rasa percaya diri, santri
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Muhamad Fauzi Reza - Personal Name
|
Student ID |
2020010066
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |