ANALISIS PEMBIASAAN SALAT ZUHUR BERJAMA’AH DI SMP MA’ARIF KALIBAWANG WONOSOBO TAHUN 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

ANALISIS PEMBIASAAN SALAT ZUHUR BERJAMA’AH DI SMP MA’ARIF KALIBAWANG WONOSOBO TAHUN 2023/2024

XML

Pembiasaan adalah proses di mana respons terhadap stimulus tertentuberkurang seiring berulangnya paparan terhadap stimulus tersebut. Dalam kontekspsikologi, pembiasaan sering kali mengacu pada penurunan respons terhadapstimulus yang tidak berbahaya atau tidak penting setelah paparan berulang, yangbisa berdampak pada perubahan perilaku individu. Proses ini merupakan salahsatu bentuk pembelajaran non-asosiatif di mana individu menjadi terbiasa denganstimulus yang sama dan responsnya terhadap stimulus tersebut menurun seiringwaktu. Salat zuhur berjama‟ah adalah pelaksanaan salat zuhur secara bersamasamaolehsekelompokindividuyangdilakukandisebuahtempatibadah,sepertimasjid, musholla, atau area yang ditentukan di sekolah atau tempat lainnya.Dalam salat berjama‟ah, seorang imam memimpin salat, sedangkan jamaah atauorang yang hadir mengikuti imam dalam pelaksanaan gerakan-gerakan salat sertamembaca ayat-ayat Al-Quran dan doa-doa yang ditentukan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaanpembiasaan atau pembiasaan salat zuhur berjama‟ah serta bagaimana dampak daripembiasaan salat zuhur berjama‟ah, serta bagaimana faktor penghambat danpenghumbung pembiasaan salat zuhur berjama‟ah di SMP Ma‟arif KalibwangWonosobo. Penelitian ini menggunakan kenis penelitian kualitatif denganmenggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan metodeobservasi, wawancara, analisis isi, dan metode pengumpul data. Lokasi penelitianini adalah SMP Ma‟arif Kalibawang Wonosobo. Setelah data terkumpul kemudiandi analisis menggunakan analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitianini menunjukan kegiatan pembiasaan salat zuhurberjama‟ah di SMP Ma‟arif Kalibawang Wonosobo. Pertama, kegiatanpembiasaan salat zuhur berjama‟ah di SMP Ma‟arif Kalibawang Wonosobo sudahberjalan dengan baik. Kedua, dampak yang didapatkan yaitu diantaranya siswabisa menumbuhkan kesadaran untuk beribadah salat, siswa menanamkankedisiplinan, dan siswa bisa menumbuhkan ketaatan beribadah salat. Ketiga, faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan pembiasaan salatzuhur berjama‟ah diantaranya: 1) Faktor penghambat diantaranya kurangnyakesadaran siswa dalam beribadah dan fasilitas yang kurang memadahi. 2) Faktorpendukung diantaranya kesadaran siswa dan motivasi dari guru, sarana danprasarana yang lengkap, dan orang tua serta masyarakat sekitas sekolah yangmendukung dan memotivasi dalam kegiatan pelaksanaan salat zuhur berjama‟ah.
Kata Kunci: Pembiasaan, Salat Zuhur Berjama’ah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Erniatun Fuadah - Personal Name
Student ID
2020010084
Dosen Pembimbing
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Maryono, M.Pd. - - Penguji 1
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail