• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING BERBANTUAN PRESENTASI POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH KELAS VIII MTs MA’ARIF KALIWIRO PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING BERBANTUAN PRESENTASI POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH KELAS VIII MTs MA’ARIF KALIWIRO

    Detail Cantuman

    Prodi Pendidikan Agama Islam

    PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING BERBANTUAN PRESENTASI POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH KELAS VIII MTs MA’ARIF KALIWIRO

    XML

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan modelpembelajaran Reciprocal Learning berbantuan presentasi PowerPoint dalampembelajaran fiqih kelas VIII MTs Ma’arif Kaliwiro, untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar fiqih setelah menggunakan model pembelajaranReciprocal Learning pada mata pelajaran fikih kelas VIII MTs Ma’arif Kaliwiro,dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fiqih antara yang menggunakanmodel pembelajaran tersebut dan mengapa saya mengambil model pembelajaranReciprocal Learnig karena model tersebut saling menguntungkan antara guru danpeserta didik dalam teori belajar dan model saling menguntungkan tersebutdinamakan humanisme, humanisme adalah proses belajar membutuhkan sebuahsikap saling menghargai dan memahami antara murid dan gurunya tanpa adanyaprasangka dari kedua belah pihak, dengan begitu proses belajar akan berjalandengan baik.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitiankuantitatif menggunakan penelitian Non Equivalent Control Group yaitu penelitiyang dilaksanakan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelaskontrol dengan menggunakan pretest dan postest. Populasi dan sampel daripenelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa sebagai kelaseksperimen dan kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dari2 kelas tersebut diambil semua karena pada kelas VIII hanya memiliki 2 kelas sajajadi dalam penelitian ini teknik sampling menggunakan nonprobability definisidari nonprobability adalah teknik pengambilan sampel yang tidak memberikanpeluang / kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilihdengan teknik yang diambil adalah sampling jenuh karena teknik penentuansampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel Kemudianhasilnya diolah, dianalisis, dan dibandingkan menggunakan uji t-test dan uji gainuntuk mengetahui perbedaan dan peningkatan antara dua kelompok.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Ada peningkatan penguasaanmateri fikih setelah diterapkannya model pembelajaran Reciprocal Learningberbantuan presentasi PowerPoint. Terbukti dari hasil uji gain kelas eksperimensebesar 0,755 (tinggi) lebih tinggi dari hasil uji gain kelas kontrol sebesar 0,631(sedang). 2) Ada perbedaan model pembelajaran Reciprocal Learning berbantuanpresentasi PowerPoint antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan thitung 5,549 > ttabel 2,657 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
    Kata Kunci: Model Pembelajaran, Reciprocal Learning, Hasil Belajar


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Nurul Jannah - Personal Name
    Student ID
    2020010050
    Dosen Pembimbing
    Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
    Muhammad Saefullah, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    86208
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan Agama Islam
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail