Prodi Pendidikan Agama Islam
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING BERBANTUAN PRESENTASI POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH KELAS VIII MTs MA’ARIF KALIWIRO
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan modelpembelajaran Reciprocal Learning berbantuan presentasi PowerPoint dalampembelajaran fiqih kelas VIII MTs Ma’arif Kaliwiro, untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar fiqih setelah menggunakan model pembelajaranReciprocal Learning pada mata pelajaran fikih kelas VIII MTs Ma’arif Kaliwiro,dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fiqih antara yang menggunakanmodel pembelajaran tersebut dan mengapa saya mengambil model pembelajaranReciprocal Learnig karena model tersebut saling menguntungkan antara guru danpeserta didik dalam teori belajar dan model saling menguntungkan tersebutdinamakan humanisme, humanisme adalah proses belajar membutuhkan sebuahsikap saling menghargai dan memahami antara murid dan gurunya tanpa adanyaprasangka dari kedua belah pihak, dengan begitu proses belajar akan berjalandengan baik.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitiankuantitatif menggunakan penelitian Non Equivalent Control Group yaitu penelitiyang dilaksanakan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelaskontrol dengan menggunakan pretest dan postest. Populasi dan sampel daripenelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa sebagai kelaseksperimen dan kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dari2 kelas tersebut diambil semua karena pada kelas VIII hanya memiliki 2 kelas sajajadi dalam penelitian ini teknik sampling menggunakan nonprobability definisidari nonprobability adalah teknik pengambilan sampel yang tidak memberikanpeluang / kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilihdengan teknik yang diambil adalah sampling jenuh karena teknik penentuansampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel Kemudianhasilnya diolah, dianalisis, dan dibandingkan menggunakan uji t-test dan uji gainuntuk mengetahui perbedaan dan peningkatan antara dua kelompok.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Ada peningkatan penguasaanmateri fikih setelah diterapkannya model pembelajaran Reciprocal Learningberbantuan presentasi PowerPoint. Terbukti dari hasil uji gain kelas eksperimensebesar 0,755 (tinggi) lebih tinggi dari hasil uji gain kelas kontrol sebesar 0,631(sedang). 2) Ada perbedaan model pembelajaran Reciprocal Learning berbantuanpresentasi PowerPoint antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan thitung 5,549 > ttabel 2,657 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Reciprocal Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nurul Jannah - Personal Name
|
Student ID |
2020010050
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |