Nur Safaq
Pengarang
Pamungkas Setya Mulyani, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing 2
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd
Penguji 2
Dr. Robingun Suyud El Syam, M.Pd.I
Penguji 1
pendidikan seksual merupakan hal yang menjadi urgensi dalamlingkungan pendidikan di Indonesia. Edukasi seksual menekankan pentingnyaguru di lingkungan sekolah dalam memberikan edukasi seksual kepada siswa, khususnya pada masa remaja. Pembelajaran yang efektif, baik di kelas maupundilaur kelas merupakan aspek yang harus diperhatikan dalam prosesmenumbuhkan pemahaman edukasi seksual, guru fiqih memegang perananpenting dalam penyampaian edukasi seksual ini. Penelitian ini menyorotipentingnya upaya antara guru dan remaja dalam menumbuhkan pemahaman, tanggapan dan sikap positif, serta kesetaraan dalam memahami pendidikan seksual. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan melakukan observasilapangan secara langsung, penelitian ini menggunakan metode analisis data.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dandokumentasi. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, sedangkan informannya adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan seksual yangdiberikan dengan metode yang tepat dan berkelanjutan bagi siswa sangat pentinguntuk mencegah dampak negatif dan meningkatkan kesadaran diri terhadappemahaman edukasi dan kesehatan seksual.
Kata kunci: edukasi seksual, fiqih, upaya guru