Fakhira Zulfia
Pengarang
Muhammad Yusuf Amin Nugroho, SH.I., M.Pd.I
Dosen Pembimbing 2
K.H. Dr. Muchotob Hamzah, M.M
Dosen Pembimbing 1
Dr. Nurul Mubin, M.S.I
Penguji 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran taharah di SMPPelita Al-Qur’an Krasak Wonosobo dengan memperhatikan perkembangan tingkah lakusiswa-siswi sebelum dan sesudah belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian lapangan.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 7 SMP Pelita Al-Qur’an KrasakWonosobo. Sampel yang diambil yaitu siswa-siswi kelas 7A, 7B, dan 7C. Pengumpulan datamenggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Implementasi Pembelajaran Taharah adalah pembelajaran tentang tata cara bersuci,menghilangkan najis, mensucikan diri dari hadats. Penelitian yang telah dilakukanmenyimpulkan bahwa adanya perubahan antara siswa-siswi yang belum pernah belajartentang taharah dengan yang sudah belajar taharah. Pembelajaran yang dilakukan jugaterkesan menyenangkan karena adaya praktik dalam setiap materi. Hanya saja media sertafasilitas yang tersedia kurang memadai sehingga anak tidak bisa memahami denganmaksimal.
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Taharah, Kitab Safinah an-Najah