Mufti Miftahul Khoir
Pengarang
H. Ahmad Zudhi, M.Ag.
Dosen Pembimbing 2
K.H Muchotob Hamzah, M.M
Dosen Pembimbing 1
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd
Penguji 1
Drs. Ali Imron, M.Ag.
Penguji 2
Ilmu pengetahuan memegang peran vital dalam kehidupan manusia, danbagi para pemikir Islam, ilmu tidak bisa dipisahkan dari agama dan Tuhan.Pendidikan Islam bertujuan tidak hanya untuk mengembangkan pengetahuantetapi juga untuk memandu amal saleh yang berorientasi pada kebahagiaanmanusia dan keridhaan Allah SWT. Kitab Minhajul ‘Abidin karya Imam AlGhazalimenekankanintegrasiilmudanamaldalampendidikanIslam.Penelitianinibertujuan untuk mengetahui: 1). isi kandungan kitab Minhajul ‘Abidin, 2). Ilmu dan Amal dalam Pendidikan Islam, 3). Korelasi Ilmu dan Amal dalam KitabMinhajul ‘Abidin Terhadap Pendidikan Islam Masa Kini.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenispenelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukanmelalui metode dokumentasi. Sumber data berasal dari data primer, yaitu KitabMinhajul ‘Abidin, serta data sekunder yang mencakup buku, jurnal, dan sumberlain yang relevan dengan topik penelitian. Teknik analisis data yang digunakanadalah analisis interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ilmu dan amal merupakan duaelemen yang tak terpisahkan dan harus diterapkan secara bersamaan dalampendidikan Islam. Tahapan yang dijelaskan dalam Minhajul Abidin mencakupilmu, taubat, godaan, rintangan, pendorong, faktor-faktor perusak ibadah, dansyukur kepada Allah. Tahapan ini memberikan panduan praktis dalammenjalankan kehidupan beragama yang lebih holistik. Integrasi ilmu dan amaldalam pendidikan Islam mampu membentuk karakter yang utuh, menguatkaniman, meningkatkan ketaqwaan, dan membimbing perilaku yang sesuai denganajaran Islam. Pendekatan holistik ini tidak hanya relevan untuk pendidikan Islammasa kini tetapi juga memberikan fondasi yang kokoh bagi pengembangankarakter dan spiritualitas individu. Integrasi ini menanamkan nilai-nilai etika, mendorong pemikiran kritis, dan mengadaptasi metodologi pendidikan untukmemenuhi tuntutan era modern. Pendidikan yang menyeluruh dan integratif inidapat membentuk generasi yang cerdas secara akademis, berakhlak mulia, danmampu berkontribusi positif dalam masyarakat.
Kata kunci: Ilmu, Amal, Pendidikan Islam, Imam Al-Ghazali, Minhajul ‘Abidin