• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • <![CDATA[IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN FIKIH IBADAH DENGAN KITAB FATḤ AL-QARĪB DI PONDOK PESANTRENNURUL QUR’AN BANJARNEGARA]]> Ahmad Muslih Al Sahal Pengarang Dr. KH. Muchotob Hamzah, M.M Dosen Pembimbing 1 Fatkhurrohman, M.Pd Dosen Pembimbing 2 Dr. Ngarifin Shiddiq,M.Pd.I Penguji 1 Nur Farida, M.Pd.I Penguji 2
    Metode sorogan merupakan salah satu metode pembelajaran tradisionalyang masih banyak digunakan di pondok pesantren untuk mengajarkan kitabkuning, termasuk kitab Fatḥ AlQarīb.Tujuan diterapkannya metode sorogantersebut yakni untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menjelaskan kitabkuning yang mereka pelajari. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Qur’anBaanjarnegara. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan:(1) Proses pembelajaran Fikih Ibadah dengan kitab Fatḥ AlQarīb menggunakan metodes orogan. (2) Teknik dan hasil evaluas ipembelajaran Fikih Ibada hdengan kitab Fatḥ AlQarīb menggunakan metode sorogan. (3) Faktor pendukung danfaktor penghambat pada proses pembelajaran Fikih Ibadah dengan kitab Fatḥ Al-Qarīb menggunakan metode sorogan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datayang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan datayang dilakukan yaitu dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunanpengamatan, dan uraian rinci. Analisis data yang digunakan adalah dengan carareduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan verifikasi Hasil dari penelitian di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Banjarnegara iniadalah: (1) Proses pembelajaran Fikih Ibadah dengan kitab Fatḥ AlQarībmenggunakanmetodesorogandilaksanakandengan3tahap yaitu tahap persiapan, tahapinti, dan tahap penutup. (2) Teknik evaluasi yang digunakan padapembelajaran tersebut yaitu metode tes dan non tes. (3) Faktor pendukungpembelajaran Fikih Ibadah dengan kitab Fatḥ AlQarībmenggunakan metodesorogan adalah: a) Keinginan dan semangat santri yang tinggi b) Ustadz yangprofesional dan ramah c) Menguasai ilmu nahwu dan sharaf d) Ruang kelas yangnyaman. Sementara faktor penghambat adalah: a) Rasa malas. b) Kesulitanmemahami ilmu nahwu dan sharaf c) Waktu relatif lama. Kata kunci: sorogan, fikih ibadah, Fatḥ AlQarīb