Prodi Pendidikan Agama Islam
INTERNALISASI MODERASI BERAGAMA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N 2 KAPENCAR KERTEK WONOSOBO
XML
Fakultas Ilmu Tarbiyahdan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo, 2024 Moderasi beragama di Indonesia sebagai upaya dalam mencegah pahamradikal sebab Islam moderat merupakan yang paling cocok bagi Indonesia yangmemiliki keberagaman. Moderasi beragama menjadi penting untuk generasipenerus memajukan bangsa dimasa datang, merupakan langkah konkrit dalammemberikan nilai-nilai moderasi beragama pada generasi muda adalah melaluipendidikan agama.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Seberapa paham pengetahuansiswa SD N 2 Kapencar Kertek Wonosobo mengenai pentingnya moderasiberagama, Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkannilai moderasi beragama di SD N 2 Kapencar Kertek Wonosobo, kemudianmengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam internalisasinilai moderasi beragama melalui Pendidikan Agama Islam di SD N 2 KapencarKertek Wonosobo. Penelitin ini menggunakan jenis penelitian kualitatif denganmenggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan penelitianyang menggunakan metode observasi, wawancara, analisis isi, dan metodepengumpul data. Lokasi penelitian ini adalah SD N 2 Kapencar KertekWonosobo. Setelah data terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisisdata yaitu, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Tingkat pemahaman siswa SD N 2Kapencar Kertek Wonosobo terhadap nilai moderasi beragama cukupmenggambarkan bahwa mereka dapat memahami pentingnya toleransi dalamkehidupan sehari-hari. Siswa terbuka terhadap pendapat yang berbeda kemudianmereka juga antusias dan dapat melestarikan kebudayaan turu-temurun yangsudah ada dari lama, mereka dapat hidup rukun dan saling tolong menolong tanpamembedakan keyakinan masing-masing. Kemudian Upaya yang telah di lakukanoleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai moderasi beragamamelalui Pendidikan Agama Islam di SD N 2 Kapencar Kertek Wonosobo menggunakan Pembiasaan 5S (Senyum Salam Sapa Sopan Santun), Jumatberprestasi, Pembelajaran langsung di kelas menggunakan metode ceramah dandiskusi. Pembelajaran diluar kelas. Berdasarkan hasil observasi dan wawancaraterdapat beberapa faktor pendukung yaitu dukungan dari pihak sekolah denganmemberikan fasilitas, kemudian lingkungan masyarakat dan keberagaman budaya. sedangkan faktor penghambat berasala dari sedikitnya minat belajar pada saatmembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Kata kunci: Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Septiyani - Personal Name
|
Student ID |
2020010242
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |