Yulisa Widi Astuti
Pengarang
Ahmad Guspul, S.E., M.M
Dosen Pembimbing 1
Achmad Affandi, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 2
Eko Prawoto, S.E., M.M
Penguji 2
Dr. Ratna Wijayanti, S.E., M.M.
Penguji 1
Penelitian ini menyelidiki bagaimana kepemimpinan melayani danlingkungan kerja non-fisik berdampak pada kinerja guru, dengan OrganizationalCitizenship Behavior (OCB) sebagai faktor perantara. Penelitian ini menggunakanmetode kuantitatif dengan menggunakan kuisioner dan alat analisis yaitu SmartPLS 4.0. Data penelitian dikumpulkan dari 105 guru SMP Negeri se- KecamatanPrembun Kabupaten Kebumen. Studi ini menemukan bahwa kepemimpinanmelayani tidak secara langsung meningkatkan kinerja guru. Namun, lingkungankerja non-fisik yang positif memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkankinerja guru. Menariknya, Organizational Citizenship Behavior (OCB), yaituperilaku positif guru yang tidak diwajibkan, berperan sebagai jembatan yangmenghubungkan kepemimpinan melayani, lingkungan kerja non-fisik, dan kinerjaguru. Hal ini menunjukkan bahwa kombinasi kepemimpinan melayani danlingkungan kerja non-fisik yang positif, dengan OCB sebagai mediasi, dapatmendorong peningkatan kinerja guru.Kata Kunci : Servant leadership, lingkungan kerja non fisik, organizationalcitizenship behavior, kinerja guru