Yazid Qolyubi
Pengarang
Hj. R.A.E.P. Apriliani, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 1
Meftahudin, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 2
Dr. Ratna Wijayanti, S.E., M.M.
Penguji 1
Eko Prawoto, S.E., M.M.
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kualitas pelayanan, harga, lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada kedai White Gloves Coffe di Wonosobo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan dari kedai White Gloves Coffe di Wonosobo. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 105 responden yang merupakan pelanggan dari kedai White Gloves Coffe di Wonosobo. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner dan telah diuji validitas serta reliabilitasnya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini diolah menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,411 dengan signifikasi 0,004. Harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,104 dengan signifikasi 0,002. Lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 4,954 dengan signifikasi 0,000. Fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 4,079 dengan signifikasi 0,000. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 90,6% sedangkan sisanya sebesar 9,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Perusahaan sebaiknya meningkatkan kualitas layanan lokasi dan fasilitas yang sudah ada serta tetap memperhatikan kestabilan harga yang ditawarkan, maka akan meningkatkan minat pelanggan serta memberikan rasa puas kepada pelanggan yang datang ke White Gloves Coffe.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, Fasilitas, Kepuasan Pelanggan.