Muhammad Zidni Zakin
Pengarang
Dr. Ratna Wijayanti, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 2
R. Aj. Endang P . Apriliani, S.E ., M.M.
Dosen Pembimbing 1
Eni Candra Nurhpayati, S.Pd., M.M.
Penguji 2
Dr. Ahmad Guspul, S.E, M.M.
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh persepsi modalusaha, lama usaha, dan lokasi usaha terhadap persepsi pendapatan di PasarTradisional Kertek. Menggunakan metode kuantitatif, sampel dalam penelitian iniberjumlah 134 dari 200 total populasi. Teknik pengumpulan data menggunakankuesioner. teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple randomsampling dikarenakan jumlah anggota populasi yang sudah diketahui. Jumlahsampel yang diperoleh sebanyak 134 responden dan 0 sampel gugur sehingga ada134 sampel yang diolah. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebarankuesioner secara langsung yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknikanalisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah Regresi LinierBerganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal, lama usaha dan lokasiusaha berpengaruh signifikan terhadap terhadap pendapatan di Pasar TradisionalKertek. Hal ini dapat dibuktikan dengan persepsi modal usaha yang memiliki thitung 7,322 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Lama usaha dibuktikan dengant hitung 2,967 dengan nilai signifikan 0,031 < 0,05. Lokasi usaha dibuktikan dengant hitung 4,720 dengna nilai signifikan 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: Persepsi Modal Usaha, Lama Usaha, Lokasi Usaha, PersepsiPendapatan