Prodi Akuntansi
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, CAKUPAN OPERASIONAL PERUSAHAAN, UKURAN DEWAN KOMISARIS DAN SERTIFIKASI ISO 14001 TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar diBEI Periode 2014 Sampai 2016)
XML
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Cakupan Operasional Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, dan Sertifikasi ISO 14001 terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan manufaktur yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari laporan keuangan tahunan (annual report) yang di publikasikan oleh masing-masing perusahaan manufaktur.
Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2016. Adapun jumlah populasi perusahaan manufaktur tersebut sebanyak 144 perusahaan. setelah melewati tahap purposive sampling, jumlah perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria sampel sebanyak 77 perusahaan. metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, kemudian menggunakan uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, dan pengujian hipotesis meliputi uji koefisien determinasi dan uji signifikansi koefisien regresi dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility, leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility, profitabbilitas memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility, cakupan operasional perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility, ukuran dewan komisaris memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility, dan sertifikasi ISO 14001 tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility.
Keterbatasan dalam penelitian ini adalah dari 6 variabel independen yang diteliti hanya 2 variabel yang mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility. Pengungkapan corporate social responsibility yang dilaporkan perusahaan dalam laporan keuangan, sebagian besar disampaikan dengan menggunakan bahasa implisit sehingga bisa menimbulkan persepsi yang berbeda.
Penelitian selanjutnya diharapkan untuk memperluas objek penelitian, tidak hanya terbatas pada perusahaan manufaktur. Penelitian selanjutnya diharapkan agar menambah variabel prediktor yang terkait dengan pengungkapan corporate social responsibility seperti kepemilikan manajemen dan tipe industri, serta menambah sampel periode tahun annual report agar pengungkapan corporate social responsibility dari tahun ke tahun dapat diperbandingkan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Dwi Sukanti - Personal Name
|
Student ID |
2014100035
|
Dosen Pembimbing |
Kurniawati Mutmainah, S.E., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. M. Elfan Kaukab, S.E., M.M., M.H.I., MFP, CRA, CHRA, CRBC. - - Penguji 1
Sri Hartiyah, S.E., M.Si., Akt., CA - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
62201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Akuntansi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2018 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |