Muhammad Fauqo Aji
Pengarang
Eko Prawoto, S.E., M.M
Dosen Pembimbing 1
Meftahudin, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 2
Heri Purwanto, S.Pd., M.M., CMA
Penguji 1
Dr. M. Trihudiyatmanto, S.E., M.M., CMA
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap loyalitaspenumpang. pengaruh fasilitas terhadap loyalitas penumpang. Pengaruhkenyamanan terhadap loyalitas penumpang. Pengaruh ketepatan waktu terhadaployalitas penumpang. Sampel penelitian ini adalah penumpang bus Po AnjanaWonosobo (Rute Purwokerto – Semarang). Penelitian ini menggunakan metoderegresi linier berganda dan sampel yang digunakan sebanyak 120 orang. Untukmenguji hipotesis digunakan uji t atau uji secara parsial. Hasil penelitian menunjukan hipotesis pertama yang diajukan dalam penelitian initerbukti bahwa harga berpengaruh positif terhadap loyalitas penumpang (H1diterima). Hal ini menunjukan bahwa penumpang bus sudah memiliki pemahamanharga yang baik dalalam menggunakan trasportasi bus Po Anjana. Hipotesis keduayang diajuakan dalam penelitian ini terbukti bahwa fasilitas berpengaruh positifterhadap loyalitas penumpang (H2 diterima). Hal ini menunjukan bahwapenumpang bus sudah merasa puas yang diberikan pada transportasi Po Anjana.Hipotesis ketiga yang diajukan dalam penelitian ini terbukti bahwa kenyamananberpengaruh positif terhadap loyalitas penumpang (H3 diterima). Hal inimenunjukan bahwa penumpang bus sudah merasa nyaman pada saat menggunakantrasportasi Po Anjana. Hipotesis keempat yang diajuakan dalam penelitian initerbukti bahwa ketepatan waktu berpengaruh positif terhadap loyalitas penumpang(H4 diterima). Hal ini menunjukan bahwa penumpang bus mengakui trasportasi Poanjana dalam ketepatan waktu sudah tepat.
Kata kunci: Harga, Fasilitas, Kenyaman, Ketepatan waktu, Loyalitas Penumpang