Laela Marifatul Hasanah
Pengarang
Muflih Fahmi kaunain, S.IP., M.Sos
Dosen Pembimbing 1
Muflih Fahmi kaunain, S.IP., M.Sos
Penguji 1
Dwian Hartomi Akta padma Eldo,S.IP,.M.IP
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kinerja pelayananpublik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo dalammemenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat. Metode penelitian yang digunakanadalah kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dantelaah dokumen. Terdapat beberapa indikator yang perlu ditingkatkan untukmencapai efektivitas dan kepuasan masyarakat. Hasil temuan ini dapat digunakansebagai dasar untuk perbaikan dan inovasi dalam penyelenggaraan pelayananpublik di tingkat daerah. Penelitian ini membantu pemerintah KabupatenWonosobo dalam meningkatkan kualitas hidup dan kepuasan masyarakat denganmengoptimalkan sistem pelayanan publik.
Kata kunci: Efektivitas, Sistem Pelayanan Publik, Dinas Kependudukan danPencatatan Sipil.