Mumammad Falcha
Pengarang
Arif Al-Wasim, S.pt., M.S.I.
Dosen Pembimbing 2
Dr. Maurisa Zinira, S.Th.I.,M.A
Dosen Pembimbing 1
Dr. M. Ali Mustofa Kamal, AH, S.Th.I, M.S.I
Penguji 1
Sawaun, S.Th.I., M.Hum
Penguji 2
Belajar Al-Qur’an menjadi suatu hal yang sangat signifikan dalamlingkungan masyarakat. Metode membaca dan pembelajaran Al-Qur’an jugasangat beragam. Dari berbagai membaca dan metode pembalajaran Al-Qur’an dilingkungan masyarakat. Yang menjadi sasaran tempat penelitian terkaitpembelajaran dan evaluasi metode baca Qur’an di TPQ Sa’adatul Islam Jambean.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Yaitu penelitianyang berusaha menyajikan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dariorang-orang dan perilaku yang dapat diamati di lapangan, juga upayamendeskripsikan, mencatat, analisis dan menginterpretasikan kondisi-kondisiyang sekarang ini terjadi atau ada. Dengan kata lain penelitian ini bertujuan untukmemperoleh informasi-informasi mengenai keadaan saat ini yang berkaitandengan topik penelitian ini. Lembaga dengan tujuan mencetak generasi unggul. TPQ Sa’adatul Islamdalam pembelajaranya meliputi aspek-aspek seperti memiliki tenaga pengajaryang kompeten, peserta yang aktif, kuota peserta yang tepat, tempat yang nyaman, jam belajar yang cukup, sarana dan prasarana yang memadai, serta dukungan dansupport orang tua. Dan evuluasi dari pembelajaran dilaksanakan sekali dalamsepekan, bertujuan untuk menyelesaikan kendala atau permasalahan yang terjadidalam pembelajaran dalam kurun waktu sepekan, sebagaimana untuk mencapaipembelajaran yang maksimal dalam mengarahkan anak dalam belajar membacadan mempelajari Al-Qur’an.
Kata Kunci: Al-Qur’an, TPQ Sa’adatul Islam, Pembelajaran, Evaluasi