Prodi Komunikasi & Penyiaran I
POLA KOMUNIKASI TUNARUNGU EFEKTIVITAS POLA KOMUNIKASI TUNARUNGU UNTUK MEMBACA AL-QUR’AN DI RUMAH ABATA
XML
Penelitian ini berjudul Pola Komunikasi Tunarungu” Efektivitas Pola Komunikasi Tunarungu Untuk Membaca Al-Qur’an”.Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana Pola Komunikasi Tunarungu di pesantren ABATA serta tingkat efektivitas pola komunikasi yang terdapat di pesantren tersebut untuk belajar membaca Al-Qur’an. Ketertarikan melakukan penelitian ini didasari dengan model pendekatan verbal yang tedapat dipesantren, karena pada umumnya akan terlihat sulit seorang yang mengalami gangguan tunarungu mampu berkomunikasi secara verbal terhadap orang lain, disisi lain dengan model pola komunkasi tersebut memungkinkan penyandang tunarungu untuk mampu membaca bahkan menghafalkan Al-Qur’an. Model yang digunakan dalam penelitian ini, adalah menggunakan jenis kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah Analisis data dalam penelitian ini menggunakan dua analisis yaitu kualitatif dan deskriptif. Hal ini disebabkan karena data-data yang akan di analisis merupakan data-data yang diperoleh dengan pendekatan kualitataif. Dalam menganalisis efektivitas menggunakan metode analasis deskriptif, analisis yang menggambarkan terlebih dahulu bagaimana penggunaan pola komunikasi tersebut untuk menghafal AlQur’an. Kemudian berdasarkan data-data yang terkumpu maka di deskripsikan dan ditarik sebauh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat efektivitas pola yang terdapat di Pesantren ABATA, pengembangan interaksi sosial memakai yang menggunakan bahasa bibir dan bahasa isyarat, adapun faktor penghambat pembinaan anak tuna rungu dalam pengembangan interaksi sosial yaitu kurangnya minat belajar dan kurangnya motivasi untuk berbicara secara verbal. Implikasi penelitian ini diharapkan mampu menjadi motivasi untuk terus berinovasi, terutama bagi pendidik agar mampu menciptakan suatu ide baru untuk menghadirkan media yang lebih bervariasi untuk tujuan pembelajaran.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Islamim Budiyah - Personal Name
|
Student ID |
2014050026
|
Dosen Pembimbing |
Drs.Moh.Amin,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
70233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Komunikasi dan Penyiaran Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2019 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |