Prodi Komunikasi & Penyiaran I
EFEKTIVITAS METODE TARJIM DALAM MEMBIMBING ANAK MEMAHAMI BAHASA AL QUR’AN (Analisis Metode Dakwah di TPQ Assalam Bandungan Kabupaten Semarang )
XML
Sulistiya Hidayah, 2020. Efektivitas Metode Tarjim Membimbing Anak Memahami Bahasa Al – Qur’an ( Analisis Metode Dakwah di TPQ Assalam Bandungan Kabupaten Semarang ) Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana Efektivitas penggunaaan metode Tarjim di TPQ Assalam Bandungan Kabupaten Semarang, Bagaimana hasil yang di peroleh dari penggunaan Metode Tarjim di TPQ Assalam Bandungan Kabupaten Semarang. Pada penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan cara observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan atau perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ke Efektifan penggunaan metode Tarjim dalam membimbing anak memahami Bahasa Al – Qur’an di TPQ Assalam Bandungan Kabupaten Semarang. Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran dengan Metode Tarjim serta solusi yang ditawarkan untuk mengatasai factor penghambat tersebut. Hasil penelitianmenemukanbahwa penerapan metode tarjim di T P Q Assalam Bandunganhanya efektif dalam menambah semangat hafalan anak – anak serta menambha ketrampilan menulis arab bagi anak. Untuk sampai ke pemahaman makna yang terkandung dalam AlQur’an maka belumlah efektif karena melihat usia anak – anak yang masih relative kecil serta komponen ilmu yang harus dikuasai untuk memahami AlQur’an.
Kata Kunci: Tarjim, TPQ
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sulistiya Hidayah - Personal Name
|
Student ID |
2016050033
|
Dosen Pembimbing |
Drs.Moh.Amin,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
70233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Komunikasi dan Penyiaran Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2020 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |