Prodi Pendidikan Agama Islam
UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN PADA ANAK DI TPQ AL-MUNIR DESA WONOSROYO KECAMATAN WATUMALANG KABUPATEN WONOSOBO
XML
Widiyastuti, 2021, UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKANKARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN PADA ANAK DI TPQ AL-MUNIRDESA WONOSROYO KECAMATAN WATUMALANG KABUPATEN WONOSOBO, Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KeguruanUniversitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo.Penelitian dalam skripsi ini dilator belakangi dengan banyak orang tuaserta guru yang masih menganggap bahwa anak cerdas itu adalah anak yang sudahbaik dalam segala hal. Faktanya anak sangat membutuhkan pendidikan karaktersebagai bekal kehidupan yang akan datang. Salah satu aspek yang ditanamkanadalah pada nilai religius dan disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengujisecara detail terkait penanaman pendidikan karakter pada anak di TPQ Al-Munir.Maka dari itu penulis melakukan penelitian di TPQ tersebut untuk mengetahui (1)Upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter religius dan disiplin (2) Hasilpenanaman karekter religius dan disiplin (3) Faktor pendukung dan penghambatdalam melatih karakter religius dan disiplin.Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan menggunakanpendekatan kualitatif yaitu dengan menggambarkan atau memaparkan data-datayang berhubungan dengan upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakterreligius dan disiplin. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi,wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakandengan mereduksi data peneliti mengfokuskan hal-hal penting, menyajikan datadalam bentuk uraian serta menimpulkan hasil analisis sesuai dengan hasil danpembahasan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guruTPQ dalam membina karakter religius dan disiplin telah berjalan dengan baik danbisa dikatakan berhasil dalam perubahan pelaksanaan ibadah dan kedisiplinansantri. Hal ini terbukti bahwa sebagian santri sudah mampu melaksanakan shalat,puasa Ramadhan, membaca Al-Qur’an, dan menghafal doa-doa. Sedangkan faktorpendukungnya meliputi, adanya dukungan dari orang tua, alat komunikasi, danlingkungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi, pergaulan dilingkungan masyarakat, santri sulit menerima pengetahuan yang diajarkan guru,dan kurangnya kerjasama antara guru TPQ dan orang tua.
Kata kunci: Pendidikan karakter, religius, disiplin.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Widiyastuti - Personal Name
|
Student ID |
2017010026
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |