Prodi Pendidikan Agama Islam
KONSEP PENDIDIKAN TAUHID MELALUI TADABUR ALAM (KAJIAN AL-QUR’AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 255)
XML
Sri Latifah (2017010050). KONSEP PENDIDIKAN TAUHID MELALUITADABUR ALAM (KAJIAN AL-QUR’AN SURAT ALBAQARAHAYAT255).Skripsi,Wonosobo:FakultasIlmuTarbiyahdanKeguruan. Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah diWonosobo, Desember 2021Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui konsep tauhid dalam AlQur’anSuratAl-Baqarah ayat 255; (2) untuk mengetahui ruang ligkup tadabur alam berdasarkan penafsiran Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 255; (3) untuk mengetahui kontekstualisasi pendidikan tauhid melalui tadabur alam.Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research).Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yang berupa Al-Qur’anSurat Al-Baqarah ayat 255 dan data sekunder yang berupa buku-buku dan literaturyang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitustudi pustaka, teknik dokumenter dan penelusuran data online. Sedangkan untukanalisisnya penulis menggunakan analisis isi dan analisis wacana.Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis memperoleh hasil bahwa dalam AlQur’anSurat Al-Baqarah ayat 255 terkandung konsep tauhid yaitu menyatakanbahwa Allah memiliki segala hal yang ada di langit dan di bumi; tidak ada yangbisa memberikan syafa’at kecuali dengan izin-Nya dan tidak ada yang memilikipengetahuan kecuali dengan kehendak-Nya; Allah mengetahui apa-apa yang ada didepan mereka dan apa-apa yang ada di belakang mereka. Ruang lingkup tadaburalam berdasarkan penafsiran Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 255 adalah belajaraktif dan belajar kemandirian, dengan menggunakan alam sebagai media langsunguntuk belajar agar siswa dapat memahami tanda-tanda kebesaran Allah. Bentuk bentuk tadabur alam antara lain:mengajak siswa untuk membaca ayat Al-Qur’an,mengenal alam, dan mengerjakan aktivitas ibadah. Kontekstualisasi pendidikantauhid melalui tadabur alam dalam praktiknya dapat dilakukan dengan cara antaralain: (1) Memberikan pengetahuan tentang lingkungan kepada anak dan dari sinilahpengetahuan agama (tauhid) anak diluaskan; (2) Mengusahakan agar alat yangdigunakan untuk belajar berasal dari lingkungan yang dikumpulkan baik oleh gurumaupun oleh siswa; (3) Mengadakan karya wisata ketempat-tempat yangmendukung untuk memperluas pengetahuan agama dan keimanan anak.
Kata kunci: Pendidikan, Tauhid, Tadabur Alam
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sri Latifah - Personal Name
|
Student ID |
2017010050
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
H. Mukromin,Alh.,M.Ag - - Penguji 1
KH. Mukromin, Alh, M.ag - - Penguji 1 Dr. Nurul Mubin, M.S.I - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |