Prodi Pendidikan Agama Islam
PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL DAN EMOSIONAL GURU TERHADAP AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTs MA’ARIF KEJAJAR, KECEMATAN KEJAJAR, KABUPATEN WONOSOBO
XML
SITI NAILIL FATIKHAH, NIM : 2017010119 PENGARUH KECERDASANSPIRITUAL DAN EMOSIONALGURU TERHADAP AKHLAKUL KARIMAHSISWA DI MTs MA’ARIF KEJAJAR, KECAMATAN KEJAJAR,KABUPATEN WONOSOBO. Skripsi, Wonosobo : Program Studi PendidikanAgama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas SainsAl-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo 2021.Skripsi ini membahas tentang bagaimana antara kecerdasan spiritual danemosional guru terhadap akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Kejajar. Kajianini dilatarbelakangi oleh kecenderungan pada dunia pendidikan lebihmengedepankan kecerdasan intelektual (IQ) daripada Kecerdasan Spiritual (SQ)dan kecerdasan emosional (EQ) dalam pembentukan siswa yang berakhlakulkarimah dan berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1)Kecerdasan Spiritual Guru terhadap akhlakul karimah siswa MTs Ma’arif Kejajar,2) Kecerdasan Emosional Guru terhadap akhlakul karimah siswa MTs Ma’arifKejajar, 3) Adanya pengaruh antara kecerdasan spiritual dan emosional guruterhadap akhlakul karimah siswa MTs Ma’arif Kejajar. Jenis penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan korelasi product moment.Penelitian ini mengambil sampel dari kelas VII A, VII B, VIII A, VIII B, IX A,dan IX B sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket.Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik statistikdengan uji hipotesis menggunakan analisis product moment dan korelasi ganda.Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan spiritual guruterhadap akhakul karimah siswa MTs Ma’arif Kejajar terdapat hubungan yangpositif dalam kategori sedang sebesar 47 %, rhitung (0,686) > rtabel (2,052). 2)Kecerdasan emosional guru terhadap akhakul karimah siswa MTs Ma’arif Kejajarterdapat hubungan yang positif dalam kategori rendah sebesar 29,8 %. Rhitung(0,546) > rtabel (2,052). 3) Terdapat atau ada pengaruh yang positif antarakecerdasan spiritual dan emosional guru secara bersama-sama terhadap akhlakulkarimah siswa MTs Ma’arif Kejajar dalam kategori sedang sebesar 52%. Denganmenggunakan korelasi ganda diperoleh R = 0,724 . Rhitung > rtabel (2,052).Dengan demikian “ada pengaruh atau hubungan yang siginifikan antarakecerdasan spiritual dan emosional guru terhadap akhlakul karimah siswa MTsMa’arif Kejajar”
Kata Kunci : Pengaruh, kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional,akhlakul karimah
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Siti Nailil Fatikhah - Personal Name
|
Student ID |
2017010119
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |