Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FIKIH MATERI JENAZAH KELAS X DI MA NU 01 BANYUPUTIH
XML
Nurul Fadilah. NIM : 2017010092. Implementasi Metode Snowball ThrowingUntuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar PadaPembelajaran Fikih Materi Jenazah Pada Kelas X di MANU01 Banyuputih.Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu tarbiyahdan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah diWonosobo, 2021.Skripsi ini membahas tentang implementasi metode snowball throwingpada peserta didik untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar padapembelajaran fikih. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlu adanya peningkatanpenggunaan metode pembelajaran di MA NU 01 Banyuputih karena masihbanyak peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan belajar di kelas yangmempengaruhi wawasan yang dimiiki peserta didik juga hasil belajar. Pendidikyang masih menggunakan metode ceramah dan penugasan, membuat peserta didikmenjadi pasif di dalam keas karena pembelajaran masih berfokus pada pendidik.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Varibeldalam penelitian ini ada dua, variabel independent (X) yaitu metode snowballthrowing dan variabel dependen (Y1) yaitu keaktifan (Y2) hasil belajar. Populasidiambil dari peserta didik MA NU 01 Banyuputih. Pengambilan sampel inimenggunakan random sampling Teknik pengumpulan data dari angket, tes,dokumen, observasi dan wawancara, kemudian data diuji menggunakan ujivaliditas, uji reliabilitas uji homogenitas dan uji normalitas.Dari analisis yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwaada hubungan antara metode snowball throwing dengan keaktifan dan hasilbelajar peserta didik, terbukti dengan uji t dengan rumus korelasi product momentyang diperoleh ????ℎ???????????????????? 0,562 dimana memiliki hubungan dalam kategori sedangdan ???????????????????????? 0, 338 signifikasi 5% dan tingkat signifikasi 1% diperoleh 0,436. Jika????ℎ???????????????????? ≤ ???????????????????????? maka ????0 ditolak sehingga ???????? diterima, maka terdapat hubunganyang signifikan antara metode snowball throwing dengan keaktifan peserta didik.Selanjutnya ada hubungan yang signifikan antara metode snowball throwingdengan hasil belajar peserta didik dalam perhitungan diperoleh ????ℎ???????????????????? 3,863dalam kategori sangat kuat dan ???????????????????????? 0, 338 dari uji coba sebanyak N=34 pesertadidik, dk= N-2 = 32, signifikasi 5% dan tingkat signifikasi 1% diperoleh 0,436.Jika ????ℎ???????????????????? ≤ ???????????????????????? maka ????0 ditolak sehingga ???????? diterima. Dalam mencarikeefektifan metode snowball throwing dalam meningkatkan keaktifan dan hasilbelajar dengan berbantuan SPSS table Paired Samples Statistics diperolehkeaktifan (Y1) mempunyai rata-rata 12,44 dan hasil belajar (Y2) mempunyai ratarata14,09, Dapat di simpulkan bahwa metode snowball throwing efektif dalammeningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Fikih diMA NU 01 Banyuputih.
Kata Kunci: metode snowball throwing, keaktifan, hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nurul Fadilah - Personal Name
|
Student ID |
2017010092
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |