Prodi Pendidikan Agama Islam
PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN KOMBINASI DARING DAN LURING TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI MTs RIYADUSH SHOLIHIN KLAMPOK BANJARNEGARA
XML
Nur Fiki Fashihatul Qori, 2021, PENGARUH SISTEM PEMBELAJARANKOMBINASI DARING DAN LURING TERHADAP HASIL BELAJAR PAIDAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI MTs RIYADUSH SHOLIHINKLAMPOK BANJARNEGARA. Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah danKeguruan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) pengaruh system pembelajarandaring terhadap hasil belajar PAI dan budi pekerti kelas VIII di MTs Riyadush SholihinKlampok Banjarnegara, (2) pengaruh system pembelajaran luring/tatap muka terhadaphasil belajar PAI dan budi pekerti kelas VIII di MTs Riyadush Sholihin KlampokBanjarnegara, (3) pengaruh system pembelajaran daring terhadap system pembelajaranluring/tatap muka kelas VIII di MTs Riyadush Sholihin Klampok Banjarnegara, (4)pengaruh system pembelajaran daring dan system pembelajaran luring/tatap mukasecara bersama-sama terhadap hasil belajar PAI dan budi pekerti kelas VIII di MTsRiyadush Sholihin Klampok Banjarnegara.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausal dengan analisis data statisticmenggunakan rumus regresi linier sederhana dan ganda, kemudian di akhiri denganproduct moment. Pengumpulan data yaitu menggunakan angket, dokumentasi, tes,observasi, dan wawancara. Sampel yang digunakan adalah 25 siswa kela VIII di MTsRiyadush Sholihin Klampok Banjarnegara.Berdasarkan analisis data dikatui bahwa pengaruh sistem pembeljaran daring danluring terhadap hasil belajar PAI dan budi pekerti kelas VIII di MTs Riyadush SholihinKlampok Banjarnegara dikategori cukup. Perhitungan regresi linier sederhana untuksistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar memperoleh nilai siginifikansisebesar 0,452 ≥ 0,005, dengan demikian antar dua variable tersebut tidak mempunyaipengaruh yang siginifikan. Perhitungan regresi linier sederhana untuk sistempembelajaran luring terhadap hasil belajar memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,677≥ 0,005, dengan demikian antara dua varaibel tersebut tidak mempunyai pengaruh yangsignifikan. Perhitungan regresi linier berganda yang di akhiri dengan product momentmemiliki nilai signifikansi untuk pengaruh ????1dan ????2 secara simultan terhadap Y adalah0,709 ≥ 0,05 dan nilai ????ℎ????????????????????0,349 ≤ ????????????????????????3,42. Kemudian di uji dengan uji t peroleh????ℎ???????????????????? sebesar 0,766. Selanjutnya ????ℎ???????????????????? tersebut dibandingkan dengan ???????????????????????? dengandk 25 – 2 = 23. Hasil ini kemudian dikonsultasikan dengan taraf signifikan 5% denganharga ???????????????????????? 2,069, yaitu ???????????????????????? > ????ℎ???????????????????? , 2,069 > 0,766. Sedangkan dikonsultasikandengan taraf signifikan 1% yaitu ???????????????????????? > ????ℎ????????????????????, 2,807 > 0,766. Hal ini berarti tidakterdapat pengaruh system pembelajaran daring dan luring terhadap hasil belajar PAI danbudi pekerti kelas VIII di MTs Riyadush Sholihin Klampok Banjarnegara
Kata kunci: Sistem Pembelajaran, Kombinasi, Daring, Luring, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nur Fiki Fashihatul Qori - Personal Name
|
Student ID |
2017010094
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |