Prodi Pendidikan Agama Islam
STUDI ANALISIS KONSEP WAJIB BELAJAR DALAM KURIKULUM PESANTREN DI INDONESIA (Studi kepustakaan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiín Lirboyo Kediri)
XML
Nur Fadhilatul Fajriah. Studi Analisis Konsep Wajib Belajar DalamKurikulum Pesantren Di Indonesia ( Studi Kepustakaan Pondok PesantrenHidayatul Mubtadiín Lirboyo Kediri ) Skripsi, Wonosobo: Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan. Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo,9 Juni 2021.Konsep wajib belajar dalam system pendidikan pesantren dimungkinkanberbeda dengan system pendidikan nasional, sebagaimana kurikulum yangberlaku juga berbeda. Adapun rumusan masalahnya yaitu;(1) BagaimanakahKurikulum Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiín (2) Bagaimana konsep wajibbelajar dalam kurikulum Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiín?. Penelitian inibertujuan untuk (1) mengetahui bagaimanakah Kurikulum Pondok PesantrenHidayatul Mubtadiín (2) mengetahui bagaimana konsep wajib belajar dalamkurikulum Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiín. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif jenis library research. Pengumpulan data dilakukan melaluidua cara yaitu: wawancara, dan penelitian kepustakaan. Analisis data dilakukanmelalui cara yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu, Kurikulum di Pondok PesantrenMubtadiín memperhatikan kesepakatakn antara pihak sekolah dan PondokPesantren Hidyatul Mubtadiín dalam kurikulum, kelulusan Pondok PesantrenHidyatul Mubtadiín dituntut untuk memiliki kualifikasi keilmuan agama. Konsepkurikulum di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiín menggunakan konsep Longlife education, dan memiliki 4 tingkatan: Tingkatan Ibttidaiyah, TingkatanTsanawiyah, Tingkatan Aliyah, Tingkat I’dadiyah.
Kata kunci: Kurikulum, Konsep Wajib Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nur Fadhilatul Fajriah - Personal Name
|
Student ID |
2017010150
|
Dosen Pembimbing |
Dr. K.H. Muchotob Hamzah, M.M - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |