IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI PADA SISWA SMP N 4 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2020-2021

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI PADA SISWA SMP N 4 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2020-2021

XML

Nasrul Faizi, 2017010233, Implementasi Pendidikan Karakter IslamiPada Siswa SMP N 4 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2020 2021, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo di JawaTengah ,2021. Implementasi karakter Islami dapat diartikan sebagai penerapankualitas kehidupan yang tumbuh dan berkembang berdasarkan spirit dannilai-nilai Islam yang menghiasi sikap dan perilaku manusia dalampengabdian kehidupan sehari-hari. Pengabdian ini tercerimin dalam duahubugan manusia, yakni hubungan dengan Sang Pencipta Allah SWT.Penulis memilih SMP N 4 dikarenakan SMP N yang pada umunya rendahakan pendidikan agama, akan tetapi SMP N 4 ini langsung menerapkanpada kehidupan bersekolahnya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakanmetodologi penelitian kualitatif dengan menelititi kondisi obyek alamiahdengan wawancara, studi kepustakaan dan teknik dokumenter. Analisisyang digunakan dengan cara analisis isi atau Content Analysis terhadapisi data yang terkumpul. Langkah analisis data yang terpenting diantaranya adalah mendeskripsikan data, mengkategorikan data,membandingkan data dan mengintepretasikan data.Hasil penelitian ini dalah Implementasi Pendidikan KarakterIslami yaitu 1) Kebiasaan dengan kegiatan rutin, misal kegiatan berdoabersama, membaca al-Qur’an, sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah,berbusana muslim, pesantren ramdhan dll. 2) Kebiasaan denganBeberapa pembiasaan yang bersifat kegiatan spontan sepertimengucapkan salam, penggalangan dana untuk keluarga siswa yangterkena musibah, dan membuang sampah pada tempatnya, 3) Kebiasaandengan kegiatan keteladanan seperti berpakai rapi, tidak merokok diruang kelas atau sambil berjalan, memberi pujian bagi hasil karya siswa,datang tidak terlambat, berperilaku sopan santun, bersikap jujur dan adilterhadap peserta didik, dan 4) Kebiasaan dengan kegiatan pengkondisian.Kebiasaan dengan pengkondisian dibedakan menjadi dua yaitupengkondisian secara fisik dan secara non fisik. Secara fisik misalnyamenata lingkungan sekolah misalnya kegiatan jumat bersih, yaitumembersihkan lingkungan kelas agar terlihat bersih, menata lingkunganmushola sekolah agar nyaman untuk kegiatan keIslaman. Kegiatan yangnon fisik misalnya keterlambatan datang ke sekolah, masuk ruang kelasatau ruang guru dengan mengucapkan salam, dan bersalaman ketikabertemu dengan bapak atau ibu guru.

Kata Kunci : Implementasi, Karakter Islami, SMP N 4


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nasrul Faizi - Personal Name
Student ID
2017010233
Dosen Pembimbing
KH. Mukromin, Alh, M.ag - - Dosen Pembimbing 1
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail