Prodi Pendidikan Agama Islam
KONSEP METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN Q.S AN-NAHL AYAT 125-128)
XML
Mukhammad Najih (2017010054). KONSEP METODE PENDIDIKAN ISLAMDALAM AL QUR’AN (KAJIAN Q.S AN-NAHL AYAT 125-128). SkripsiProgram Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo tahun 2021.Penulisan skripsi dalam judul Konsep Metode Pendidikan Islam dalam AlQur’an (Kajian Q.s An-Nahl Ayat 125-128), bertujuan untuk, pertama untukmengetahui konsep metode Pendidikan Islam, kedua untuk mengetahui konsepmetode Pendidikan Islam yang terkandung dalam Q.S An-Nahl Ayat 125-128,ketiga untuk mengetahui Implementsi konsep metode Pendidikan Islam yangterkandung dalam Q.S An-Nahl Ayat 125-128.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiankualitatif yang bersifat kepustakaan (library research). Sumber data yangdigunakan berasal dari sumber primer yaitu Tafsir Departemen Agama RI, TafsirJalalain, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al-Maragi, Sayyid Kutub, dan sumber sekunderyaitu buku pendukung, artikel-artikel, jurnal, dan situs internet yang berkaitandengan pembahasan penelitian dalam skripsi. Pengumpulan data menggunakanmetode studi dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan analisis isi,dan metode tahlili.Hasil kajian ayat surat An-Nahl Ayat 125-128 konsep metode PendidikanIslam sangat memperhatikan Pendidikan segi tauhid dan adab. Kemudianmenggunakan konsep metode hikmah, mau’idhoh, jidal, dan al-muhtadin. Dalamimplementasinya seorang pendidik harus memberikan kata-kata yang bijak, lembut,sopan, dan dapat dimengerti dengan baik sehingga peserta didik terbuka pikirannyauntuk menerima pelajaran yang diberikan oleh gurunya.
Kata kunci: Konsep, Metode, Pendidikan, Islam
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Mukhammad Najih - Personal Name
|
Student ID |
2017010054
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |