STUDI KRITIS METODE QUANTUM TAHFIZ DI PROGRAM TAHFIZ SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsi

STUDI KRITIS METODE QUANTUM TAHFIZ DI PROGRAM TAHFIZ SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN

XML

Salah satu bentuk mempelajari al-Qur’an ialah dengan menghafal. Menjaga hafalan al-Qur’an agar tetap lestari, meskipun Allah Swt sendirilah yang sejatinya telah menjaga al-Qur’an. Pada perkembangannya saat ini, telah banyak bermunculan metode-metode guna menghafal al-Qur’an. Tujuan dari metodemetode tersebut ialah untuk mempermudah umat Islam yang ingin belajar untuk menghafalkan al-Qur’an. Salah satu metode menghafal al-Qur’an ialah dengan metode Quantum Tahfidz Al-Qur’an (QTA) karya Abdurrohman Al Asy’ari. Beliau mencetuskan sebuah teori untuk menghafal al-Qur’an dengan cara cepat, tepat dan menyenangkan. Pembahasan pada skripsi ini ialah fokus pada kajian studi kritis mengenai teori quantum tersebut. Melihat apakah sudah sesuai antara teori dengan metode yang diterapkan. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenisnya ialah jenis penelitian kepustakaan (library research). Data utama dalam penulisan skripsi ini ialah melakukan wawancara, serta mengamati penerapan metode QTA di program Tah{fiz{ SMA Takhassus Al-Qur’an, serta menggunakan buku, artikel, jurnal, maupun literature lainnya yang pembahasannya juga berkaitan dengan judul skripsi penulis. Untuk menganalisi data yang ada, penulis menggunakan tiga tahapan, yaitu Data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian dari skripsi ini ialah, Teori Quantum Tahfidz Al-Qur’an yang di cetuskan oleh Dr. KH. Abdurrohman Al Asy’ari ialah sebuah pengembangan dari teori Quantum Leearning Teaching, perbedaannya ialah Teori Quantum Tah{fiz{ Al-Qur’an lebih berfokus pada ke-tah{fiz{-tannya. Dalam praktiknya, masih terdapat beberapa kendala yang menjadikan teori -teori tersebut tidak terlaksana dalam program. Namun demikian, percepatan yang menjadi misi dari teori ini sudah terlaksana. Kemudian jika dilihat dari kualitas dalam hafalan, belum maksimal. Hal ini dikarenakan adanya waktu yang terbatas. Dilihat dari kelebihannya, teori ini mampu mencetak generasi penghafal al-Qur’an yang disiplin, istiqomah dan bertanggungjawab.

Kata Kunci : Quantum Tah{fiz{, Al-Qur’an, menghafal


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Oktaviani Permatasari - Personal Name
Student ID
2017080041
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
76231
Edisi
Published
Departement
Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail