IMPLEMENTASI METODE TASMI’ DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN NAWIR QULUBANA DI WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI METODE TASMI’ DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN NAWIR QULUBANA DI WONOSOBO

XML

LAELY HAMIDAH (NIM : 2017010114) IMPLEMENTASI METODE TASMI‟DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQUR’AN BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN NAWIRQULUBANA DI WONOSOBO. Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah danKeguruan, Universitas Sains Al-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo, 2021.Menghafal al-Qur‟an adalah salah satu amalan yang paling mulia. Selainmenambah hafalan baru, santri juga harus mengiringi dengan mengulang hafalan.Untuk mengetahui penerapan metode tasmi‟ dalam meningkatkan hafalan santri diPondok Pesantren Nawwir Quluubanaa, peneliti memiliki tujuan agar mengetahuipenerapan metode tasmi‟, kelebihan dan kekurangan serta faktor pendukung danpenghambat.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif.Peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.Sumber data yang diperoleh dari skripsi ini yaitu menggunakan sumber dataprimer dan sekunder.Untuk hasil penelitian ini menunjuka bahwa penerapan metode tasmi‟ diPondok Pesantren Nawwir Quluubanaa yaitu : pertama, persiapan untukmenyetorkan hafalan biasanya dilakukan pada siang, sore atau malam hari. Kedua,pelaksanaan metode tasmi‟ yaitu sebagai berikut sema‟an dengan pengasuh,semaan pribadi (individu dengan individu), dan sema‟an berkelompok. Untukkelebihanya penerapan tajwid oleh santri cukup baik, karena sebelum memulaihafalan al-Qur‟an santri sudah diajarkan tajwid terlebih dahulu. Adapunkekuranganya yaitu : santri mudah lupa karena fikiran belum fokus untuk alQur‟ansaja dan sulit membedakan ayat-ayat yang hampir mirip. Peneliti jugaingin mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal al-Qur‟an.Faktor pendukungnya yaitu motivasi dari orang terdekat. Adapun faktorpenghambatnya yaitu ayat yang sudah pernah dihafal menjadi lupa, munculnyarasa malas, dan rasa lelah dikarenakan padatnya jadwal kuliah dan banyaknyatugas.

Kata kunci : Metode Tasmi‟, Kemampuan Menghafal, Al-Qur‟an


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Laely Hamidah - Personal Name
Student ID
2017010114
Dosen Pembimbing
Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Drs. H. Nasokah, alh.,M.Ag - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail