PENERAPAN METODE JIGSAW LEARNING UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KALIBAWANG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2019/2020

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENERAPAN METODE JIGSAW LEARNING UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KALIBAWANG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2019/2020

XML

Koimah. 2020. Penerapan Metode Jigsaw Learning untuk Peningkatan PrestasiBelajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 KalibawangWonosobo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyahdan Keguruan, Universitas Sains Al- Quran (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode JijgsawLearning dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 3 Kalibawang,untuk mengetahui perbedaan peningkatan prestasi belajar siswa yang menggunakanmetode Jigsaw Learningdengan metode konvensional.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitianlapangan dan desain Pretes-Postes Control Group Desain. subjek dalam penelitianini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 3 Kalibawang yang berjumlah 43 siswa.Sampel yang diambil adalah 2 kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimendan VIII B sebagai kelas kontrol.Pengujian hipotesis digunakan untuk menguji peningkatan prestasi belajarsiswa kelas VIII yang menggunakan metode Jigsaw Learning dan kelas yangmenggunakan metode konvensional yaitu dengan menggunakan uji genetis. Daripengujian genetis didapatkan hasil bahwa tingkat keberhasilan belajar denganmenggunakan metode Jigsaw Learning adalah 0,30 yang berarti tingkat keberhasilanmetode Jigsaw Learning sedang. Sedangkan hasil uji gain kelas kontrol yaitu 0,21dapat disimpulkan bahwa peningkatan prestasi belajar kelas kontrol rendah.Sehingga dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat keberhasilanpeningkatan prestasi belajar yang menggunakan metode Jigsaw Learninglebih baikdaripada menggunakan metode konvensional.Hal tersebut menunjukan bahwa ada perbedaan peningkatan prestasi belajarsiswa kelas VIII SMP N 3 Kalibawang yang menerapkan metode Jigsaw Learningdengan yang tidak menggunakan metode Jigsaw Learning.

Kata Kunci : Metode,Jigsaw Learning, Prestasi Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Koimah - Personal Name
Student ID
2016010093
Dosen Pembimbing
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail