Prodi Pendidikan Agama Islam
PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP N 2 RAKIT DESA LENGKONG KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA
XML
Khusnun Afifah, 2017010361, : PERAN GURU BIMBINGAN KONSELINGDALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP N 2 RAKITDESA LENGKONG KECAMATAN RAKIT KABUPATENBANJARNEGARA. Skripsi Program Studi S.1 Pendidikan Agama Islam.Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah Di Wonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peran guru BK dalammembentuk akhlak peserta didik; 2) mengetahui metode yang digunakan guru BKdalam pembinaan akhlak; 3) mengetahui upaya Guru BK dalam pembinaanakhlak; 4) mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru BK dalampembinaan akhlakSkripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana penelitian bersifatobservasi lapangan. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalampenelitian ini yaitu triangulasi data. Metode ini menggabungkan tiga caramenghimpun data, yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.Kemudian, sumber data diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder(buku – buku tafsir Al-Qur’an, referensi yang pendidikan, bimbingan konseling,akhlak, skripsi terdahulu, artikel – artikel, jurnal, dan situs internet). Adapunteknik analisis yang digunakan adalah teknik berpikir deduktif dimana teknikpemikirannya berangkai dari dasar – dasar pengetahuan yang umum menjadi hal –hal yang lebih eksplisit atau khusus dan induktif, dimana data diperoleh dari dataempirik lewat observasi menuju kepada suatu teori.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Guru bimbingan konselingmemiliki beberapa peran dalam membina akhlak peserta didik diantaranya sebagaikonselor, sebagai mediator, sebagai pendidik karakter yang baik, sebagaikonsultan; 2) Metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak peserta didikantara lain metode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasihat atau teguran,metode hukuman; 3) Dalam hal pembinaan akhlak peserta didik, upaya yangdilakukan antara lain meningkatkan kesadaran siswa, pengadaan gurupendamping, peningkatan kedisiplinan siswa; 4) Faktor pendukung danpenghambat guru BK dalam pembinaan akhlak diantaranya: Adanya kerjasamayang baik antara guru, staf karyawan; Keteladanan yang dicontohkan dewan gurudan staf karyawan; Peran orang tua wali di lingkungan keluarga; Fasilitas sekolahuntuk menunjang aktifitas belajar siswa. Sementara itu faktor penghambatdiantaranya adalah faktor pergaulan; penggunaan media elektronik yang tidakterkontrol; kurangnya kesadaran dan kemauan untuk belajar.
Kata kunci : Pendidikan, Bimbingan Konseling, Akhlak
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Khusnun Afifah - Personal Name
|
Student ID |
2017010361
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |