Prodi Pendidikan Agama Islam
KONSEP PENDIDIKAN ETIKA DALAM BERMASYARAKAT MELALUI HADITS SHOHIH BUKHORI NOMER 6018
XML
Idham Kholid (2016010286) KONSEP PENDIDIKAN ETIKA DALAMBERMASYARAKAT MELALUI HADIST SHOHIH BUKHORI NOMER6018. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah danKeguruan Universitas Sains AL Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep Pendidikan etikadalam kitab Shohihul Bukori yang ditulis oleh Muhamamad bin Ismail al- Bukhari.Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode library reserch ataupenulisan yang berdasarkan kepustakaan dokumentasi. Studi dokentasi merupakankajian yang menitik beratkan pada analisis atau interpretasi bahan tertulisberdasarkan konteks, yaitu menggunakan sumber primer berupa kitab ShohihBukhori dan buku skunder sebagi pendukung dalam penelitian ini, informasi yangterdapat diperpustakaan dan informasi lainya, dalam analisis data menggunakananalisis isi, merupakan cara yang digunakan untuk menarik kesimpulan melaluiusaha menemukan kandungan isi pesan yang dilakukan dengan objektif dansistematis agar mendapatkan formulasi yang kongkrit yang memadai sehinggamendapat kesimpulan yang menjawab rumusan masalah. Prosedur penelitiannyayaitu : peneliti membaca dan mencari poin poin penting dalam kitab Shohih Bukhoriyang kemudian peneliti menelaahnya untuk menjawab permasalahan yang di bahas.Yaitu mengenai konsep pendidikan etika dalam bermasyarakat dalam kitab ShohihBukhori yang fokus pada hadist nomer 6018.Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan. Bagaimana konsep pendidikanetika dalam bermasyarakat melalui hadis Shohih Bukhori hadist ke 6018 ? melaluianalisis induktif dihasilkan beberapa poin. Pertama, Tinjauan Hadist Shohih BukhoriNomor 6018, dalam pembahasan tinjauan hadist shohih ke 6018 penulis memberikanpenjelasan betapa pentingnya etika kepada masyarakat diantaranya tidak berbuatburuk kepada tetangga, memulyakan tamu dan bertuturkata dengan baik. Kedua,penulis dalam penelitian ini menjelaskan Etika terhadap diri sendiri dimana ajaranagama islam tentang menjaga kehormatan diri secara sungguh – sungguh ,suci danmulia. Ketiga, Pendidikan Etika bermasyarakat, dalam hal ini menyebutkan tahapantahapn untuk mengubah sikap dan prilaku seorang melalui pengajaran maupunpelatihan. Keempat, Implikasi pendidikan etika dalam masyarakat dalam kehidupanmasa kini diman pendidikan erat kaitanya dengan keimanan yang ada pada diriseseorang, keduanya sulit untuk dipisahkan. Banyak pelajaran yang bisa di ambil darikitab Shohih Bukhori khususnya hadis ke 6018 dalam memberikan sebuah konsepterhadap aplikasi pendidikan etika dalam masyarakat.
Kata Kunci : Konsep, Pendidikan; Etika , Shohih Bukhori
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Idham Kholid - Personal Name
|
Student ID |
2016010286
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |