Prodi Pendidikan Agama Islam
PERANAN PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH COKROAMINOTO KARANGKOBAR
XML
Ibnu Hasim, PERANAN PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KUALITASPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH COKROAMINOTOKARANGKOBAR. Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KeguruanUniversitas Sains Al- Qur’an Jawa tengah di Wonosobo, November 2020.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui peranan pengawasdalam meningkatkan kualitas pendidikan agama islam di MA CokroaminotoKarangkobar. 2) Untuk mengetahui upaya apasaja yang harus ditempuh dalammengatasi hambatan implementasi profesionalisme pengawas guna meningkatankualitas pendidikan agama islam di MA Cokroaminoto Karangkobar.3) Untukmengetahui kualitas Pendidikan Agama Islam di MA Cokroaminoto Karangkobar.Penelitian dengan jenis kualitatif lapangan bersifat deskriptif. Subjekdalam penelitian ini adalah Pengawas , Guru MA Cokroaminoto Karangkobar.Dengan pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara dandokumentasi.Kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif yangdilakukan interaktif dan berlangsung secara terus menerus, mulai daripengumpulan data, reduksi data, penyajian data lalu menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Supervisi akademik yangdilaksanakan oleh Pengawas di Madrasah Aliyah Cokroaminoto Karangkobardirasa belum efektif. Hal ini dibuktikan dengan jarangnya frekuensi kunjungan kesekolah. Idealnya minimal satu kali dalam satu bulan. Meski demikian, perananpengawas sudah sangat membantu pihak sekolah dengan baik. Upaya yangditempuh oleh pengawas dalam meningkatkan mutu pembelajaran padaMadrasah Aliyah Karangkobar adalah dengan cara sebagai berikut:a)Pengawasmenyiapkan program kerja pengawas. b)Pengawas mendata kebutuhan, kondisireal guru, masalah-masalah yang dihadapi guru di lapangan. c)Pengawasmelaksanakan KKG untuk guru . d)Memaksimalkan tugas-tugas kepengawasanmelalui kegiatan supervisi. e) Memberikan bimbingan teknis pengelolaan programpembelajaran serta memberi contoh cara mengajar yang baik. f)Memberi sarankepada guru untuk senantiasa menjaga akhlak yang baik dan senantiasa menjaditeladan terhadap peserta didiknya dan masyarakat secara umum. Mutupembelajaran pada Madrasah Aliyah Kecamatan Karangkobar adalah gambarandan karakteristik menyeluruh yang mencakup input, proses, dan outputpendidikan telah terlaksana dengan indikator (1) adanya kesiapan input dalammendukung proses; (2) prosesnya telah berjalan baik; (3) dan terca nya outputlulusan yang baik.
Kata Kunci: Pengawas , Kualitas , Madrasah Aliyah
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ibnu Hasim - Personal Name
|
Student ID |
201501024710247
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |