PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK-ANAK DI DUSUN NGAMPEL WETAN, WONOREJO, SELOMERTO, WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK-ANAK DI DUSUN NGAMPEL WETAN, WONOREJO, SELOMERTO, WONOSOBO

XML

Hafidhah. Penggunaan Media Audio Visual Untuk MeningkatkanKemampuan Membaca Anak-Anak di Dusun Ngampel Wetan,Wonorejo, Selomerto, Wonosobo. Skripsi, Wonosobo: ProgramStudi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ), Jawa Tengah di Wonosobo,2021.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untukmengetahui pengunaan media audio visual untuk meningkatkan kemampuanmembaca Al-Qur’an anak-anak di dusun Ngampel Wetan, peningkatankemampuan membaca Al-Qur’an setelah menggunakan media audio visual,dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an anak-anakdi dusun Ngampel Wetan antara sebelum menggunakan media audio visualdan sesudah menggunakan media audio visual.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengandesain eksperimental semu. Teknik pengumpulan datanya menggunakanobservasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yangdigunakan adalah tes untuk mengetahui hasil kemampuan membaca AlQur’ananak. Analisis uji hipotesis menggunakan uji gain dan uji t.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual meningkatkan hasil kemampuan membaca Al-Qur’an anak di dusunNgampel Wetan. Hal ini diketahui hasil uji hipotesis dengan menggunakanuji-t pada variabel hasil kemampuan membaca Al-Qur’an diperoleh thitungsebesar 4,955 dengan ttabel dengan dk = 24+22-2 = 44 adalah 2,692 pada tarafsignifikansi 1% dan 2,015 pada taraf signifikansi 5%. Didapatkan bahwa uji-thasil kemampuan membaca Al-Qur’an anak thitung > ttabel yaitu 4,955 > 2,692pada taraf signifikansi 1% dan thitung > ttabel yaitu 4,955 > 2,015 pada tarafsignifikansi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterimayang berarti ada perbedaan hasil kemampuan membaca Al-Qur’an anak yangmenggunakan media audio visual dengan yang hanya menggunakan metodedan media konvensional.

Kata Kunci: Media Audio Visual, Kemampuan Membaca, Al-Qur’an


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Hafidhah - Personal Name
Student ID
2017010016
Dosen Pembimbing
Dr. H. Abdul Majid, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
H. Ahmad Zuhdi, M.Ag - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Penguji 1
Maryono, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail