IMPLEMENTASI METODE HOME VISIT DAN ONLINE DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID 19 ( Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Wonosobo)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI METODE HOME VISIT DAN ONLINE DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID 19 ( Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Wonosobo)

XML

Farkhatul Mabruroh. 2017010093. IMPLEMENTASI METODE HOME VISITDAN ONLINE DALAM BELAJAR MENGAJAR DIMASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI MTSN 2 WONOSOBO). Skripsi Wonosobo: Program StudiPendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah danKeguruan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah DiWonosobo, 2021.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui bgaimana penerapanmetode home visit dan online dalam belajar mengajar di masa pandemi, 2) untukmengetahui problematika dalam melaksanakan metode home visit dan onlinedalam belajar mengajar di masa pandemi, 3) untuk mengetahui kekurangan dankelebihan dalam melaksanakan metode home visit dan online dalam beajarmengajar di masa pandemi.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu semata-matamenuliskan objek yang diteliti. Serta metode yang digunakan dalam pengumpulandata yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dananalisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode home visit danonline dalam belajar mengajar di MTs N 2 Wonosobo ini dalam pembelajaranonline menggunakan aplikasi resmi dari madrasah yaitu E-Learning Madrasah,WhatsApp group dan aplikasi lainya, sedangkan untuk pembelajaran luring yaitudengan menggunkan metode home visit, metode tersebut dilaksanakan karenaadanya permasalahan pada pembelajaran daring. 2) problematika dalampembelajaran online yaitu berkaitan dengan sinyal, kondisi kuota, pengawalanorang tua tidak sama, pemantauan kepada anak sangat minim, dan anak cenderunglebih banyak bermain pada saat pembelajarn berlangsung, sedangkan untukproblem pembelajaran luring (home visit) yaitu pendampingan yang kurangmaksimal, guru melakukan kunjungan dengan radius yang cukup jauh, danterkadang anak juga kurang memahami bahwa pembelajaran yang diikuti. 3)kekurangan metode home visit yaitu adanya resiko penularan Covid-19, prosespembelajaran dengan metode luring bisa sewaktu waktu dihentikan mengingatkondisi suatu wilayah terhadap penyebaran wabah corona, sedangkan kekuranganmetode online yaitu faktor kendala sinyal, adanya kendala kuota, faktor darisuport Hp, pada saat pembelajaran jarak jauh anak cenderung tidak fokus, adanyaproses pembelajaran yang tidak terkawal langsung oleh guru. Kelebihan metodehome visit yaitu meningkatkan kreatifitas guru dalam mewujudkan pembelajaranyang efektif, adanya proses pembelajara tatap muka, bisa menanyakan langsungmateri yang belum dimengerti, siswa juga terjamin dalam protokol kesehatan,sedangkan kelebihan metode online yaitu bisa menyampaikan informasi denganmodel literasi, mengurangi adanya kontak langsung, pengiriman materi juga akanlebih efektif.

Kata kunci: Metode Home Visit, Metode Online, Belajar Mengajar PandemiCovid-19


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Farkhatul Mabruroh - Personal Name
Student ID
2017010093
Dosen Pembimbing
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail