Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI METODE TAKROR DALAM KEGIATAN PENGHAFALAN AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN ITTIHADUT THOLIBIN WONOSOBO)
XML
Arina Thoriqotun Najah IMPLEMENTASI METODE TAKROR DALAMPENGHAFALAN AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI PONDOKPESANTREN ITTIHADUT THOLIBIN WONOSOBO ) Skripsi ProgramStudi Pendidikan Agama Islam. Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengahdi Wonosobo. 2021Al-Qur’an adalah kitab suci (kalamullah) yang menjadikan pedomanhidup manusia bagi setiap orang muslim yang telah diturunkan langsung kepadaNabi Muhammad melalui malaikat Jibril. Dalam menghafalkan al-Qur’an jugamempunyai banyak sekali metode dan cara menghafal al-Qur’an, terlepas dariminat, bakat, atau motivasi dari seorang penghafal al-Qur’an. Lebih dari itu semua,menghafal al-Qur’an haruslah dimulai dengan niatan hati yang ikhlas, di sampingitu yang sangat eksis dalam menerapkan metode mengfhafal al-Qur’an yaitudengan metode takror yang sefisien digunakan. Tidak menutup kemungkinanbahwa menghafal al-Qur’an yaitu dengan cara mengulang hafalannya dengantujuan agar tetap terjaga. Skripsi ini bertujuan untuk :1) Untuk mengetahuibagaimana strategi yang digunakan santri dalam kegiatan penghafalan al-Qur’andi Pondok Pesantren Ittihadut Tholibin Wonosobo. 2) Penjelasan tentangbagaimana penerapan metode takror yang digunakan di Pondok PesantrenIttihadut Tholibin Wonosobo. 3) Untuk mengetahui apa saja kekurangan dankelebihan dalam menerapkan metode takror di Pondok Pesantren IttihadutTholibin Wonosobo.Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mana studikasus ini untuk mengetahui peristiwa, sikap, persepsi, orang seacara individualmaupun kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi,wawancara dan observasi. Kemudian, sumber data diperoleh dari sumber dataprimer dan data sekunder (Buku-buku, referensi yang berkaitan dengan judulskripsi, skripsi terdahulu, artikel-artikel, jurnal dan situs internetKesimpulan dari penelitian ini bahwa metode takror dalam penghafalanAl-qur’an yang digunakan yaitu Strategi menghafal al-Qur’an dengan cara dibacaberulang- ulang kali, menghafal ayat per ayat sampai selesai dan dibaca dengantartil kemudian di tasmi’atau menghafalkan al-Qur’an yang di dengar oleh oranglain. Penerapan metode takror dalam menghafal al Qur’an di pondok pesantrenIttihadut Tholibin dilakukan setiap malam dan jum’at pagi. Hasil menghafal alQur’anmenggunakan metode takror di Pondok Pesantren Ittihadut TholibinWonosobo berdasarkan hasil wawancara dan observasi adalah berhasil danberjalan dengan baik.
Kata kunci : Metode Takror, Menghafal al-Qur’an
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Arina Thoriqotun Najah - Personal Name
|
Student ID |
2017010087
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |