Prodi Pendidikan Agama Islam
NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM KISAH ASHABUL KAHFI (KAJIAN SURAH AL-KAHFI AYAT 13-14)
XML
Zakky Fithri Aisyah, 2015010104, Nilai-Nilai Edukatif dalam Kisah Ashabul Kahfi(Kajian Surah Al-Kahfi ayat 13-14). Skripsi, Jurusan Pendidikan AgamaIslam (PAI), Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan ( FITK ), UniversitasSains Al-Qur’an (UNSIQ ) di Wonosobo, 2020.Al-Qur’an melalui kisah-kisah para nabi dan para wali, mengetengahkankepada kita sejumlah kisah yang memainkan peran penting di dalam sejarah. Kisahjuga memiliki fungsi edukatif yang sangat berharga dalam suatu proses penanamannilai-nilai ajaran islam. Oleh karena itu islam menjadikan kisah sebagai salah satumetode dalam pembelajaran. salah satunya kisah Ashhābul Kahfi yang merupakansalah satu kisah yang ada pada Al-Qur’an yang banyak mengajarkan pada pesertadidik tentang meng keimanan dan akidah, tentang amal dan dakwah, tentang jihaddan perlawanan, tentang logika dan realita, tentang kesabaran dan keteguhan ingkarikemungkaran.Skripsi ini merupakan penelitian tentang nilai-nilai edukatif yang yangpenting diberikan dalam proses pembelajraan dengan tujuan memberikan gambarankepada pendidik untuk menanamkan berbagai perilaku yang tercantum dalam suratAl-Kahfi Ayat:13-14. Hasil analisis dari penafsiran surat Al-Kahfi Ayat:13-14 akandiperoleh gambaran bentuk nilai edukatif yang perlu diberikan kepada peserta didikNilai-nilai edukatif dalam kisah Ashabul Kahfi yang terdapat dalam surat AlKahfiAyat:13-14 yang dapat diberikan kepada peserta didik adalah pertama, nilaiketauhidan dan keimanan yang perlu ditanamkan pada peserta didik dari pemudaashabul kahfi yang memiliki keimanan dan ideologi yang kukuh dalam beragamaIslam, kedua, nilai kezuhudan yang bisa ditiru dari pemuda ashabul kafi yangmenghadapkan hati kepada Allah dan zuhud menjauhi diri dari kemewahan duniawi,ketiga, nilai pengorbanan dari pemuda ashabul kahfi yang telah telah merelakanseluruh harta bendanya untuk ditinggalkan demi mempertahankan keyakinannyapada Allah, keempat, nilai keberanian membela kebenaran yang ditunjukkan olehpemuda ashabul kahfi dengan menolak menyembah agama nenek moyang dan tetapmembela agama Allah meskipun menjadi musuh rajanya dan kelima, pentingnyapemberian metode cerita dalam pembelajaran yang dilakukan guru, sebagai bekalbagi peserta didik untuk mencari nilai keteladanan dari cerita tersebutPenelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yaitupenelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data dariberbagai literature dan menjadikan “dunia teks” sebagai obyek utama analisisnya.Oleh karena itu penulis mencari sumber data yang berkaitan dan isi kandungan SuratAl-Kahfi Ayat 13-14Sumber data primer dalam penelitian ini adalah al-Qur’anulkarim sedangkan data sekunder diambil dari kitab tafsir dan buku-buku yang relevandengan tema kajian yaitu nilai-nilai edukatif dalam kisah Ashabul Kahfi yangterdapat dalam surat Al-Kahfi Ayat:13-14.
Kata Kunci : Pendidikan, Anak, Moral, Nabi Ibrahim, Al-Qur’an
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Zakky Fithri Aisyah - Personal Name
|
Student ID |
2015010104
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2020 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |