IMPLEMENTASI METODE REWARD AND PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI METODE REWARD AND PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

XML

Tutut Setiyarini, IMPLEMENTASI METODE REWARD AND PUNISHMENTDALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTIKELAS VIII DI SMP NEGERI 4 PURWANEGARAKABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN2019/2020, Wonosobo : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, 2020.Tujuan penelitian ini dilakukan oleh peneliti yaitu untuk mengetahuibagaimana implementasi metode reward dan punishment dalam pembelajaran PAIdan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Purwanegara Kabupaten Banjarnegara sertauntuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta dampak terhadappeserta didik setelah diterapkannya metode reward dan punishment.Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Untuk pengumpulan datamenggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkananalisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa datatertulis atau lisan dari orang dan pengamat kegiatan pembelajaran sehinggapenulis berupaya menggambarkan semuanya sesuai dengan keadaan yangsebenarnya.Hasil dari analisis dalam penulisan skripsi ini adalah pelaksana reward danpunishment dilakukan oleh elemen kepala sekolah, guru dan bagian kesiswaansecara langsung baik dengan cara isyarat maupun tindakan. Faktor pendukung danpenghambat metode reward dan punishment yaitu kegiatan ekstrakurikuler, shalatdzhur berjamaah dan kondisi psikologis peserta didik yang berbeda, latarbelakang keluarga yang berbeda dan sarana prasarana yang kurang memadai.Terdapat dua dampak dalam implementasi metode reward dan punishment yaitudampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya yaitu mampumenumbuhkah semangat belajar peserta didik, menumbuhkan minat belajarpeserta didik, meningkatkan kedisilinan. Adapun dampak negatifnya yaitumembuat peserta didik cenderung ketergantungan terhadap reward yang diterimadan merasa tertekan saat diberi hukuman.

Kata Kunci : implementasi, reward, punishment, pembelajaran, PAI


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Tutut Setiyarini - Personal Name
Student ID
2016010080
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Dr. H. Abdul Majid, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail